Merawat Mobil Warna Putih Agar Tak Menguning

Merawat Mobil Warna Putih Agar Tak Menguning

Mobil dengan cat eksterior terawat dan warnanya yang tidak pudar, pastinya menjadi hal yang didambakan bagi setiap pemilik mobil. Bukan hanya akan lebih sedap dipandang, namun nilai jualnya juga akan menjadi lebih bersahabat.

Putih yang banyak dianggap sebagai warna netral, di sini noda akan lebih mudah terlihat dibandingkan kelir lainnya. Selain itu mobil berwarna putih lebih sensitif dalam perawatan dan bisa menguning setelah dipakai dalam jangka waktu lama.

 

Menguningnya warna pada mobil putih biasanya terjadi akibat kebiasaan mencuci mobil yang dilakukan di bawah matahari langsung, atau saat kondisi bodi mobil masih panas.

"Warna putih merupakan warna yang sensitif terhadap perubahan suhu, sehingga butuh perhatian ekstra agar lapisan clear coat atau pernis tidak mudah teroksidasi dan berjamur", ujar Fikri Fitramadhan dari Flux Autospa and Detailing, bengkel detailing yang berlokasi di di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan.

Fikri turut menjelaskan, mencuci mobil saat kondisi bodi masih panas, membuat sisa air di permukaan bodi lebih cepat mengering. Akibatnya timbul water spot pada bodi mobil yang merusak estetika tampilannya.

Lantas bagaimana menghilangkan noda kekuningan di mobil berwarna putih? “Sebaiknya dilakukan poles di gerai detailing. Jika ingin lakukan sendiri di rumah, gunakan pasta yang tidak terlalu kuat, agar lapisan pernis tidak tergerus terlalu dalam,” saran Fikri.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com