Mengklaim Punya Produk Bagus, Mari Lihat Isi Pabrik Wuling (8 Foto)

Mengklaim Punya Produk Bagus, Mari Lihat Isi Pabrik Wuling (8 Foto)

Pabrik Wuling yang sudah berdiri di daerah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat punya bangunan dan luas yang tergolong besar. Di samping hadirnya Confero dengan kualitas akhir yang tergolong bagus, pabrik inilah yang membuat pemain baru dari Tiongkok menuai perhatian. 

Pada Selasa (11/7) lalu, OtoDriver berhasil mendokumentasikan isi pabrik Wuling Indonesia yang dibangun dengan total investasi 700 juta Dolar Amerika Serikat. Tampak standar perakitan mobil di fasilitas ini tak kalah dengan yang dimiliki pabrikan Jepang dan diklaim mampu melahirkan mobil yang berkualitas. 

Sejauh ini hanya Confero yang diproduksi di pabrik yang luasnya mencapai 60 hektar tersebut. Dan walau pendatang baru, PT SGMW Motor Indonesia siap menggenjot kapasitas produksi tahunan sebesar 120 ribu unit dari pabriknya.

Di area perakitan, terdapat empat fasilitas produksi yang dilengkapi dengan peralatan berstandar global dan teknologi canggih untuk memastikan kualitas produksi dan sentuhan akhir. Fasilitas tersebut adalah Press Shop, area untuk memproduksi komponen logam atau yang dikenal dengan proses stamping. Ada juga area Body Shop yang dirancang untuk menyatukan seluruh komponen logam dengan proses pengelasan. 

Kemudian ada Paint Shop, area untuk mengecat seluruh bodi mobil yang memenuhi syarat dengan teknologi terkini. Pada proses pengecatan yang dilakukan di area tertutup, didesain agar terbebas dari kontaminasi udara luar dan dilengkapi pengatur suhu dan kelembaban.

Dan terakhir, General Assembly yang dirancang untuk merakit seluruh komponen mobil, dilengkapi dengan sistem pendeteksi kualitas produk. Untuk menyatukan seluruh komponen agar terbentuk sebuah mobil, pabrik Wuling menggunakan metode pengelasan robotik. Teknologi FANUC Robotics welding yang dipakai ditujukan mengejar akurasi dan kualitas hasil pengelasan yang konsisten. 

Pada proses penyatuan akhir juga didukung dengan aplikasi pelapisan kaca dengan robotik dan didukung dengan sistem pengisian liquida (cairan rem, radiator dan refrigeran) secara otomatis, agar didapatkan akurasi yang tepat dan waktu yang lebih cepat.

 

 

Danu

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com