Mengintip Line Up Mercedes-Benz 'Anti Bom'

Mengintip Line Up Mercedes-Benz 'Anti Bom'

Insiden ledakan bom di Surabaya, Jawa Timur jelas menjadi teror bagi banyak masyarakat di Indonesia, apalagi kejadiannya merugikan banyak khalayak umum yang tidak bersalah sama sekali. Untuk itu beberapa pabrikan juga memiliki produk khusus untuk bisa melindungi konsumennya dari hal semacam ini, salah satunya adalah Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz memiliki lini khusus untuk dapat melindungi penumpangnya dari segala jenis bahaya seperti tembakan senjata bahkan bom sekali pun. Mobil tersebut secara spesifik dihadirkan untuk melindungi kalangan VIP seperti Presiden ataupun orang-orang penting lainnya. Ada dua produk spesial dari mereka yaitu Mercedes-Maybach S 600 Guard dan Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard. 

Untuk varian teratasnya yaitu Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard, mobil ini memiliki basis dari versi limousine regular biasa yang mendapatkan sejumlah perangkat untuk meningkatkan proteksinya. Menurut yang disampaikan Media.Daimler.com, rangka dan kulit bodi S 600 Pullman Guard dan S 600 Guard terbuat dari baja anti peluru dan serat aramid khusus yang dapat mengikat peluru yang ditembakkan dari senapan maupun serpihan granat.

Memang tidak dijelaskan secara spesfik detail ukuran dan jenis bahan yang mereka gunakan karena untuk alasan keselamatan para konsumennya yang hanya dari kalangan VIP tersebut. Akan tetapi pihak Mercedes-Maybach memastikan keselamatan para penumpangnya yang berada di dalam kabin dengan berbagai fitur lain yaitu seperti adanya sirine, lampu-lampu khusus dengan mode berkedip, radio dua arah untuk komunikasi, baterai emergency dan external communication sirine (seperti TOA).

 

 

Secara dimensi, untuk S 600 Pullman Guard adalah berbasis limousine dengan panjang total mencapai 6,5 meter. Dengan berbagai perangkat baja dan kaca anti peluru serta fitur-fitur yang melengkapi mobil ini membuat bobotnya mencapai 5,6 ton.

Untuk mengangkat bobot seberat itu, Mercedes-Maybach melengkapi S 600 Pullman Guard ini dengan mesin 6.000 cc V12 Twin-Turbo yang mampu menghasilkan tenaga 530 dk dengan torsi 830 Nm.

Sedangkan untuk S 600 Guard memiliki panjang 5.453 mm, ini lebih panjang 20 cm dari Mercedes-Benz S-Class long wheelbase sekalipun. Tapi mesinnya tetap sama dengan S 600 Pullman Guard sehingga kami yakini mobil ini akan lebih lincah.

Kemudian ada produk Mercedes-Benz yang tersedia dalam versi keamanan tertinggi selain Mercedes-Maybach ini yaitu G 500 Guard, GLE Guard, dan S-Class Guard (basisnya S 500 long wheelbase dan S 600 long wheelbase).

 

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com