Mengapa Honda Mobilio Sulit Kalahkan Penjualan Avanza?

Mengapa Honda Mobilio Sulit Kalahkan Penjualan Avanza?

Kami sudah pernah melakukan tes lengkap terhadap Toyota Avanza serta Honda Mobilio. Jika Anda melihat videonya di channel Youtube "Oto Driver", maka Anda akan melihat kalau Mobilio memiliki teknologi lebih modern, ruang lebih lega serta lebih asyik dikendarai. Tapi kenapa hingga saat ini penjualannya di Indonesia belum bisa mengalahkan Toyota Avanza?

Di sela-sela kegiatan Media Test Drive Honda New Mobilio, kami menanyakan hal itu pada pihak Honda Prospect Motor (HPM). Meski angka penjualannya dinilai sangat bagus, HPM tetap mengakui kalau angka penjualan Mobilio masih di bawah Avanza. Tapi mereka menilai sudah tahu penyebabnya.

"Mobil kami (Mobilio) sangat menggoda bagi end user (pengguna langsung). Makanya kami sangat kuat dalam hal penjualan Mobilio ke end user yang memang memakai sendiri mobil yang dibelinya," buka Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM. "Tapi kami masih sulit bersaing di kategori fleet (mobil perusahaan)."

 

Honda Mobilio 2017

 

Menurut Jonfis, hampir 50 persen pasar Low MPV diambil oleh pasar fleet. "Sekali pesan mereka (pengusaha) bisa lebih dari 1.000 mobil. Makanya walaupun produk kami (Mobilio) diterima sangat baik oleh konsumen, fleet merupakan salah satu kunci bila berbicara total penjualan."

Itu sebabnya Mobilio sulit mengalahkan kedigdayaan penjualan Avanza. Tapi di sisi lain, sejumlah mobil mereka seperti Jazz, Civic, BR-V, HR-V dan CR-V merajai kelasnya masing-masing untuk angka penjualan. "Kelas LMPV ini saja yang memang agak unik karakternya," tambah pria jangkung itu.

Di lain sisi, Jonfis menyatakan kalau beberapa saat terakhir Honda mulai menguatkan sisi penjualan fleet. Tim di dalam HPM sudah menemukan formulasi untuk membuat produk Honda semakin menarik bagi pengusaha. "Ada beberapa strategi yang akan kami jalankan ke depannya untuk membesarkan pasar fleet," tandas Jonfis.

Honda sendiri sejak pertama hadir di Indonesia merupakan merek Jepang yang tidak terlalu berkonsentrasi pada pasar fleet. Bahkan seringkali produk mereka dibuat lebih mewah dan asyik dikendarai untuk memikat konsumen yang memakainya langsung. Padahal 2 hal itu bukan merupakan konsideran dalam pembelian mobil perusahaan. 

Honda Mobilio 2017 sendiri memiliki 3 varian kemewahan yakni S, E dan RS. Nah, tipe S inilah yang kelihatannya disiapkan untuk menggoda konsumen fleet. Maka dari itu saat test drive media di Bali hari ini, Honda hanya menyediakan tipe RS dan E CVT yang merupakan favorit end user.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com