Mengapa Honda Civic Turbo Hatchback Tidak CKD? Padahal Bisa Lebih Murah

Mengapa Honda Civic Turbo Hatchback Tidak CKD? Padahal Bisa Lebih Murah

Honda Civic turbo hatchback yang dijual termurah seharga Rp 399 juta (OTR DKI Jakarta) harusnya bisa lebih murah lagi. Sebab, Civic generasi kesepuluh itu hadir di Indonesia melalui skema Completly Built Up alias CBU dari Thailand.

Hal ini terbilang agak berbeda dengan dugaan kami, sebab petinggi Honda sempat membisikkan ke kami di GIIAS 2016 lalu, bahwa mereka berencana merilis Civic turbo Hatchback rakitan dalam negeri. 

 

 

"Waktu itu kami bicara, kalau memang permintaannya besar ada kemungkinan CKD. Ya bisa saja. Kalau memang penjualannya baik, bisa, CKD memungkinkan. Sekarang belum rencana,” ucap Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM (9/6).

Seorang sumber kami di Honda mengatakan, hingga saat ini HPM memang belum tahu persis siapa target pasar dari Civic Turbo Hatchback. Oleh sebab itu sulit bagi mereka memprediksi berapa banyak mobil ini akan terjual. Itu juga salah satu alasan kenapa peluncurannya dilakukan di mal, untuk melihat profil pengunjung yang tertarik atau berminat ke mobil itu.

Kesulitan prediksi itulah yang membuat HPM belum berani memproduksi mobil ini secara CKD. Karena walaupun pajaknya lebih murah, CKD membutuhkan investasi tidak sedikit. Dibutuhkan jaminan angka penjualan tertentu barulah produksi dengan skema CKD lebih menguntungkan. Akan tetapi pihak HPM untuk ke depannya selalu memantau perkembangan penjualan mobil ini.  

Artinya, jika Civic Turbo Hatchback menuai hasil penjualan yang memenuhi syarat, bukan mustahil Honda akan memasukkannya dalam lini produksi pabriknya di Karawang, Jawa Barat. Dan jika demikian, harusnya harganya jadi lebih murah. 

Hatchback bermesin 1.500 cc turbo ini dirilis seharga Rp 399 juta untuk tipe S dan Rp 438 pada tipe E, dengan catatan, dua harga ini hanya berlaku untuk warna merah. Sedangkan untuk warna lainnya ditambah Rp 2 juta.

Dengan harga yang menyentuh Rp 430 jutaan, konsumen memang cukup dimanjakan dengan bertabur fitur menarik nan canggih. Mulai dari Smart Key, wiper dengan sensor hujan, electric braking sistem, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist sampai Agile Handling Assist.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com