Melepas dan Mengencangkan Kembali Baut Roda Ternyata Tak Boleh Asal

Melepas dan Mengencangkan Kembali Baut Roda Ternyata Tak Boleh Asal

Sebagian besar pengguna mobil mungkin pernah mengalami kejadian ban bocor. Hal ini tentunya membuat Anda harus mengganti ban sendiri, terutama saat kejadiannya di tengah suatu perjalanan.

Namun tahukan Anda, bahwa melepas serta mengencangkan mur roda ternyata ada tekniknya sendiri? Jika melepas mur roda secara asal, dampaknya roda akan mengalami oleng ketika mobil dijalankan kembali.

 

Abeng selaku pemilik bengkel ban Victory Auto Sport yang terletak di kawasan Serpong Tangerang Selatan, Banten, menuturkan bahwa pemasangan mur roda harus dilakukan dalam posisi menyilang.

“Saat pasang mur roda cara benarnya dengan menyilangkan mur roda, engga boleh teratur kesamping," tutur Abeng.

Karena saat kita memasang dalam posisi menyilang, beban atau daya tekan dari mur ke pelek akan tersalur rata. Berbeda saat kita memasangnya dengan cara beraturan ke samping, daya tekan hanya di sisi yang kita kencangkan.

“Mur roda yang dipasang menyilang tekanan saat dikencangkan bisa rata ke semua sisi, beda kalau dikencengin salah satu sisi dahulu, nantinya daya tekan tak sempurna, yang ada roda bakal oleng," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com