Mazda Bersiap Hadirkan Mesin Bensin Tanpa Busi!

Mazda Bersiap Hadirkan Mesin Bensin Tanpa Busi!

Mazda diketahui tengah menyiapkan mesin Skyactiv baru yang tak menggunakan busi. Bukan diesel. Mesin berbahan bakar bensin ini sengaja dirancang Mazda tak menggunakan busi sebagai pemantik di ruang bakar.

Menurut laporan harian Nikkei Asia (9/1) lalu, Mazda menyiapkan mesin ini sebagai jawaban tuntutan isu global mengenai kendaraan ramah lingkungan. Pasalnya, mesin baru ini disebut-sebut bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar sampai 30 persen.

 

Istimewa

 

Tentunya ini akan diikuti oleh produksi emisi yang rendah. Lantas bagaimana bisa mesin bensin menyala tanpa adanya busi? Walau Mazda belum memberi bocoran teknis kerja mesin baru itu, tapi banyak yang menyebut bahwa kombinasi udara dan bahan bakar akan diolah dengan sebuah daya tekan di ruang bakar sebagai pengganti letupan api busi.

Untuk itu penerapan prinsip homogenous charge compression ignition (HCCI) alias mesin dengan penyalaan kompresi homogen akan dimanfaatkan Mazda. Dengan demikian, dapur pacu tersebut praktis punya tekanan kompresi yang sangat tinggi. Kemungkinan angka kompresinya bisa menyentuh 18:1.

Kabar terakhir, mesin bensin jenis baru yang akan masuk jajaran Skyactiv ini akan diaplikasi pada salah satu mobil andalannya yakni Mazda3. Dan kemungkinan ia akan diperkenalkan pada akhir 2018 di Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com