Mau Ruang Mesin Bersih Hanya Dalam Satu Jam? Ini Panduannya

Mau Ruang Mesin Bersih Hanya Dalam Satu Jam? Ini Panduannya

Bagian satu ini biasanya paling jarang dibersihkan oleh para pemilik mobil. Ya, ruang mesin jarang sekali diperhatikan oleh para pemilik mobil sehingga kerap terlihat dalam kondisi kotor. Jika demikian maka pemandangan tak sedap dipandang pun tersaji ketika kap mesin dibuka.

 Nah, hari Minggu seperti ini paling pas untuk membersihkan area mesin mobil kesayangan. Tak perlu membawa mobil Anda ke tempat pencucian, mari kita kerjakan sendiri dengan 'resep' yang diberikan Eko dari gerai car care Tendens Otobrite ini. Hanya butuh waktu satu jam, lho. 

 

Menurut Eko, "Dalam waktu satu jam ruang mesin dan mesinnya bisa bersih lagi, siapkan saja sabun cair hijau, obat jamur kaca, kompon putih, dan engine degreaser," tukas Eko. Sebelum Anda mulai, ada beberapa bagian mesin yang berbeda-beda cara pengerjaannya.

"Untuk permukaan plastik, karet, dan besi beda cara bersihkannya," tutur Eko lagi. Nah, silahkan disimak cara pengerjaannya berikut ini.

 

1. Plastik

Umumnya mesin mobil sekarang ada cover plastiknya selain rumah filter udara. Kalau sudah kotor biasanya ada flek putih bekas air campur debu, "Untuk bagian ini campur obat jamur kaca dengan sabun cair hijau tadi dan tambahkan sedikit air, lalu aduk sampai rata," jelas pehobi mobil remote control ini. 

Kemudian menggunakan kuas dan sikat gigi tipe medium, balurkan ke bagian plastik tadi sedikit demi sedikit, "Jangan langsung semua, jadi per bagian dan langsung lap dengan lap chamois dulu. Setelah itu dikeringkan dengan lap microfiber," jelasnya. 

 

Terakhir supaya lebih mengkilap bisa dilapis lagi dengan semir ban dan langsung dilap lagi dengan lap microfiber, "Kalau tidak dilap debu malah makin lengket," ucap Eko. 

 

2. Karet

Untuk permukaan karet seperti selang-selang dan tutup botol minyak rem juga power steering cara membersihkannya beda lagi. "Kalau karet cukup pakai obat tadi lagi, tapi kalau sudah terlalu kotor tak perlu ditambah air lagi," ucap Eko. Dengan menggunakan kuas, oleskan obat tadi secara merata. Kemudian lap dengan chamois dulu dan dikeringkan menggunakan microfiber lagi. "Untuk tutup minyak rem biasanya ada huruf timbul tuh, membersihkannya bisa pakai sikat gigi supaya detail," tambahnya. 

Agar lebih mengkilap bisa dilapisi lagi dengan semir ban tadi dan dilap dengan microfiber.

 

3. Besi

Terakhir permukaan besi lebih mudah, "Cukup pakai kompon putih yang ditambah air, tidak boleh minyak tanah atau bensin ya campurannya," jelas Eko. Kemudian menggunakan sikat gigi atau kuas yang agak kaku langsung diaplikasikan ke permukaan besi tadi. Tahap pengeringannya sama, "Pakai chamois dulu lalu terakhir pakai microfiber yang sudah dibasahi menggunakan air sabun. Gunanya untuk mengangkat minyak dari kompon tadi," bilangnya. 

Nah, jika sudah selesai, maka ruang mesin pun bershi mengkilap dan sedap dipandang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com