LIBUR NATAL & TAHUN BARU: 7 Tips Jalan Jauh Versi Komunitas Datsun

LIBUR NATAL & TAHUN BARU: 7 Tips Jalan Jauh Versi Komunitas Datsun

Selain pulang kampung, momen liburan Natal dan tahun baru juga cocok dimanfaatkan untuk berwisata ke berbagai objek baru di luar kota. Mengendari mobil pribadi tentunya jadi salah satu pilihan bagus.

Tapi tentunya ada berbagai kiat agar perjalanan liburan tak terhambat dan terganggu. Sebab, baik dari mobil itu sendiri maupun dari penumpang bisa saja menimbulkan kondisi yang harusnya tak terjadi.

 

Menariknya, komunitas pengguna Datsun Go+ yang tergabung dalam Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) memberikan tips dan kiat Menghadapi Perjalanan Jarak Jauh Saat Libur Panjang. 

Berikut adalah paparannya yang dimuat pada portal DGCI (21/12):

1. Cek Performa Mobil
Salah satu hal terpenting sebelum memulai perjalanan adalah dengan melakukan pengecekan kondisi mobil dan pastikan memeriksanya di bengkel resmi.

2. Perlengkapan Darurat
Meski diharapkan tidak digunakan, namun pastikan bahwa mobil telah dilengkapi dengan perlengkapan darurat seperti kabel jumper, towing hook, kunci roda, dan kunci dongkrak. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa obat-obatan di kotak P3K baik dari segi kelengkapan maupun tanggal kadaluarsanya.

 

3. Tekanan Ban
Tekanan ban punya efek signifikan bagi stabilitas dan kemudahan untuk mengendalikan kemudi. Bahkan jika tekanan berkurang, konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. 

4. Jangan Angkut Penumpang Melebihi Daya Muat
Kapasitas penumpang yang berlebihan akan membuat posisi duduk menjadi kurang nyaman serta berpengaruh pada performa mobil itu sendiri.

5. Bahan Bakar
Pastikan agar indikator BBM berada lebih dari setengah sepanjang perjalanan. Hal ini untuk menghindari kehabisan bahan bakar di tengah jalan mengingat lalulintas bisa sangat macet.

6. Istirahat
Kelelahan telah menjadi salah satu faktor utama kecelakaan lalu lintas. Selama musim liburan, banyak orang melakukan perjalanan jarak jauh dan seringkali menghadapi kemacetan yang mengakibatkan kelelahan dan stres. Jika mengantuk dan kelelahan segera menepi ke rest area.

7. Manfaatkan Aplikasi Lalulintas
Berbagai aplikasi lalulintas berbasis GPS pada smartphone dewasa ini sangat membantu menemukan jalan alternatif. Pastikan smartphone Anda sudah terpasang aplikasi seperti Waze maupun Google Maps untuk memantau kondisi terkini lalulintas yang akan dilalui.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com