Lampu Indikator BBM Menyala, Seberapa Jauh Mobil Masih Bisa Jalan?

Lampu Indikator BBM Menyala, Seberapa Jauh Mobil Masih Bisa Jalan?

Indikator bahan bakar yang berkedip atau menyala kuning menandakan persediaan BBM di tangki mulai menipis. Jika hal ini terjadi, pengemudi wajib segera membawa mobilnya ke SPBU terdekat dan isi bensin atau solar.

Tapi ada pertanyaan menggelitik. Seberapa jauh mobil bisa berjalan jika indikator BBM tersebut menyala dan kita tidak mengisi kembali BBM? Apalagi jika dalam perjalanan yang tak rutenya tak familiar, Anda tak bisa mengetahui secara pasti seberapa jauh SPBU terdekat berada.

 

Kenali juga karakter mobil, seberapa jauh mobil Anda bisa berjalan saat BBM menipis

 

Beberapa waktu lalu situs Yourmechanic melakukan riset terhadap mobil-mobil yang beredar di Amerika Serikat. Diketahuilah jarak yang bisa ditempuh sebuah mobil saat indikator BBM sudah mengisyaratkan bensin tiris.

Dalam daftar yang dirilis memang rata-rata merupakan mobil yang beredar di AS, tapi beberapa tipe yang juga eksis di Indonesia. Sebagai contoh adalah Nissan Rogue alias Nissan X-Trail.

SUV tersebut tercatat masih punya persediaan 3 galon atau sekitar 11 liter bahan bakar di tangkinya saat indikator BBM mulai menginformasikan bahwa BBM menipis. Sesuai perhitungan dengan kondisi mesin standar dan perilaku mengemudi normal, X-Trail masih bisa menempuh setidaknya 78 mil atau sekitar 125 Km.

Beberapa mobil yang ada di Indonesia dalam tabel di bawah ini adalah Toyota Camry, Corolla, Prius, Honda Accord, CR-V, Civic, Odyssey, dan beberapa merek lainnya. Silakan Anda lihat daftar jaraknya di tabel bawah ini. Satuan jarak masih dalam satuan mil. Untuk mengkonversinya ke angka perkiraan kilometer, kalikan saja dengan 1,6.  

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com