Kwid Buruk Di Crash Test, Renault Batal Ikut GIIAS 2016

Kwid Buruk Di Crash Test, Renault Batal Ikut GIIAS 2016

Berita mengejutkan datang dari Renault Indonesia. Mereka memutuskan untuk membatalkan keikutsertaannya dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Hal tersebut sangat mungkin terkait dengan buruknya hasil tes tabrak Renault Kwid.

Rencananya Renault akan melansir Kwid di GIIAS dengan harga sangat terjangkau. "Akan tetapi suplai dari India mendadak berhenti," ucap seorang sumber kami. Seperti kita ketahui, Renault Kwid memang diproduksi di India. Menurut sumber kami, kemungkinan besar ini terkait hasil bintang 0 dalam crash test, sehingga Renault memutuskan untuk menunda peluncurannya (di Indonesia) dan memperbaiki keselamatan mobil itu dulu.

Seperti kami beritakan, pada 17 Mei lalu Global NCAP merilis hasil crash test 5 mobil rakitan India yang kesemuanya mendapat bintang 0, salah satunya Renault Kwid. Entah bagi merek lainnya, tapi bagi Renault yang terkenal akan unsur keamanannya, hal ini jelas merupakan pukulan berat. Mereka pun sepertinya memutuskan tak merilis mobil ini untuk sementara hingga unsur keselamatannya ditingkatkan.

Renault Kwid

Kwid sendiri merupakan crossover Renault yang berbasis Datsun redi-Go dengan mesin 800 cc. Di Indonesia sendiri, mobil ini direncanakan masuk dengan mesin 1.000 cc. Dari hasil wawancara kami dengan orang dalam di Renault, "Kwid bermesin 1.000 cc memiliki keamanan lebih baik dibanding yang 800 cc." Namun sepertinya mereka hendak memastikan mendapat bintang di tes tabrak, setidaknya menjadi yang terbaik di antara pemain sekelasnya. 

Dalam hal kesan berkendaranya sendiri, mobil ini sangat dipuji oleh media India, yang menyebutnya sebagai city car dengan fitur dan desain menawan.

Keputusan ini bisa dibilang berani dan menunjukkan betapa pedulinya Renault pada keselamatan. Mereka seakan tak ingin reputasi amannya pupus hanya karena satu produk.

GIIAS 2016 sendiri akan dilangsungkan di gedung ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 11-21 Agustus mendatang. Pameran ini akan diikuti hampir seluruh merek di Indonesia dan biasanya juga dibanjiri oleh peluncuran produk baru mobil konsep.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com