Ketika C-HR Bertemu HR-V Prestige, Ini Kekurangan dan Kelebihannya

Ketika C-HR Bertemu HR-V Prestige, Ini Kekurangan dan Kelebihannya

Crossover SUV terbaru Toyota resmi diluncurkan, Selasa (10/4) lalu. Toyota C-HR memiliki banderol harga Rp 488,5 juta untuk tipe Single Tone dan Rp 490 juta untuk varian Dual Tone.

Praktis model terbaru Toyota ini menjadi crossover SUV termahal di Indonesia saat ini di kelasnya. Lantas jika dipertemukan dengan rival yang sama-sama mengusung mesin 1.800 cc, yakni Honda HR-V Prestige, apa kelebihan C-HR?

Dimensi

 

Rupanya Toyota C-HR unggul dalam segi dimensi ketimbang Honda HR-V Prestige. Berdasarkan data spesifikasi, dimensi C-HR panjangnya 4.350 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.555 mm. Jarak sumbu rodanya 2.640 mm. Sedangkan Honda HR-V sedikit lebih kecil dimensinya, dengan panjang hanya 4.294 mm, lebar 1.772 mm dan tingginya 1.580, jarak sumbu roda andalan Honda ini 1.610 mm.

 

Desain

 

Jika dilihat desain eksteriornya, C-HR memiliki lekukan garis bodi yang sangat futuristik, sehingga mobil ini lebih terlihat modern dibandingkan Honda HR-V Prestige bahkan dengan seluruh rivalnya. Sayang, bagi kami yang mengganjal dari eksterior C-HR adalah desain peleknya, mirip dengan kepunyaan Terios model lama. Sedangkan HR-V lebih modern dengan desain two tone.

 

Fitur

 

Di samping itu, terdapat beberapa fitur pada C-HR yang tidak dimiliki HR-V Prestige. Di antaranya G-Force Indicator, Lumbar Support, serta fitur keselamatan seperti 7 buah airbag, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitor dan Rear Cross Traffic Alert.

 

Tenaga Mesin

 

Toyota C-HR juga sedikit unggul dalam hal pendistribusian tenaga dengan torehan angka 141 ps dan torsi 170 Nm. Sedangkan Honda HR-V Prestige hanya mampu mencatatkan tenaga sebesar 139 ps dan torsi 169 Nm.

Namun, rupanya Honda HR-V Prestige juga memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki oleh Toyota C-HR.

Panoramic Roof

 

Sayang sekali Toyota tidak membekali aksesoris apapun di bagian atap C-HR. HR-V Prestige praktis lebih unggul dengan kelengkapan Panoramic Roof. Bahkan beberapa model crossover SUV lainnya seperti Mitsubishi Outlander Sport, Chevrolet Trax dan Mazda CX-3 juga dilengkapi Panoramic Roof maupun Sunroof.

 

LED Headlamp

 

Honda HR-V telah dilengkapi oleh lampu utama proyektor LED. Sedangkan Toyota C-HR hanya berbekal lampu utama proyektor halogen.

Sebagai kesimpulan, memang benar bahwa Toyota C-HR unggul dalam berbagai aspek. Hal ini tentunya wajar mengingat harga C-HR memiliki selisih hampir Rp 110 juta dengan HR-V Prestige. Namun sayang, tak ditemukannya Panoramic Roof dan LED headlamp seperti milik Honda HR-V Prestige seakan-akan membuat pandangan kami terhadap Toyota C-HR kurang memenuhi aspek value for money.

Harga Toyota C-HR

Toyota C-HR Single Tone: Rp 488,5 juta

Toyota C-HR Two Tone: Rp 490 juta

Harga Honda HR-V Prestige

Honda HR-V Prestige 1.8E CVT: Rp 378,5 juta

Honda HR-V Prestige 1.8E CVT: Mugen Rp 404,5 juta

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com