Kenapa Mercedes-Benz E-Class Tak Lagi Punya Mesin Diesel di Indonesia?

Kenapa Mercedes-Benz E-Class Tak Lagi Punya Mesin Diesel di Indonesia?

Mercedes-Benz Indonesia baru saja memperkenalkan dua varian E-Class yaitu E 250 with Avantgarde Line dan E 300 with with AMG Line di The Pallas hari ini (7/4). Tampilnya dua mobil tersebut dalam rangkaian E-Vaganza, acara yang diperuntukan bagi konsumen Mercy.

Dua varian di atas dipersenjatai hanya dengan mesin bensin, tak ada lagi opsi unit berbahan bakar solar. Lantas kenapa Mercedes-Benz Indonesia tidak lagi menghadirkan varian mesin diesel di Indonesia pada generasi terbaru E-Class tersebut?

 

 

Pihak Mercedes-Benz Indonesia memiliki alasan bahwa varian mesin diesel lebih baik pasarnya untuk SUV namun tidak untuk E-Class. "SUV Mercedes-Benz bermesin diesel direspons oleh pasar Indonesia dengan baik. Namun tidak untuk sedan Mercedes-Benz yang bermesin diesel," ungkap Roelof Lamberts, Presiden & CEO PT Mercedes-Benz Indonesia di sela acara E-Vaganza.

Mercedes-Benz Indonesia sendiri sudah pernah mencoba menghadirkan E-Class bermesin diesel pada generasi sebelumnya yaitu W212. "Walaupun ada yang membelinya, namun responsnya sangat kecil bila dibandingkan SUV diesel Mercedes-Benz," jelas Roelof.

Apakah ini masalah ketersediaan bahan bakar diesel berkualitas yang belum merata di Indonesia? Karena seperti kita tahu, Mercedes-Benz hanya mengizinkan pengisian Pertamina DEX untuk mobil-mobil penumpang dieselnya. 

Roelof sendiri tidak menjabarkan analisa mengapa sangat sedikit publik Indonesia yang mau membeli E-Class diesel. Tapi kami melihat bukan masalah bahan bakar karena toh SUV diesel mereka terjual dengan baik.

Sepertinya publik Indonesia, khususnya konsumen kelas premium, masih banyak yang belum bisa menerima kehadiran diesel yang identik dengan mesin truk atau bus di sebuah sedan mewah. BMW sekalipun kami dengar sedang mempertimbangkan untuk tak lagi memasukkan varian diesel ke Indonesia pada Seri-5 generasi terbaru.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com