Kenapa Ban Suzuki SX4 S-Cross Facelift Lebih Lebar?

Kenapa Ban Suzuki SX4 S-Cross Facelift Lebih Lebar?

Suzuki SX4 S-Cross facelift yang meluncur pada Jumat (10/11) pekan lalu mendapat berbagai macam perubahan pada eksterior maupun interior dibandingkan dengan SX4 S-Cross sebelum facelift. Di antaranya ialah perubahan pada ukuran ban yang hampir tak terlihat perbedaannya jika tidak dilihat secara detail.

Ukuran ban SX4 S-Cross terbaru ini naik dari 205/60/R16 menjadi 215/60/R16. Jenis ban yang digunakan pun masih sama yaitu ban JK Tyres Eleanor yang diproduksi di India mengingat mobil ini merupakan CBU dari India.

 

Lantas apa yang menjadi alasan Suzuki mengubah ukuran ban SX4 S-Cross menjadi lebih lebar? Padahal dengan tapak ban yang lebih lebar maka gesekan ban dengan aspal menjadi meningkat sehingga meningkatkan rolling resistance sehingga laju mobil kian berat. 

"Memang dari segi efisiensi atau fuel consumption dia menjadi lebih boros sedikit. Namun yang kami incar adalah meningkatnya kenyamanan berkendara dengan ban yang lebih lebar. Dengan tapak yang lebih lebar pun dia menjadi lebih stabil di jalanan," ujar Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales pada peluncuran SX4 S-Cross facelift..

Perubahan lebar tapak ban ini sebagai salah satu improvisasi handling yang dilakukan Suzuki terhadap produk facelift ini. "Perubahan tersebut memang sifatnya teknikal, memang lebih kepada mencapai rigiditas atau stabilitas. Material yang kami gunakan sama, tapi perhitunganya yang berbeda. Pada dasarnya mobil ini tidak menjadi lebih soft, namun lebih ke arah rigid," lanjut Donnel.

Crossover asal Guragon, India ini dilengkapi dengan mesin berkode M15A dengan kapasitas 1.500 cc konfigurasi 4-silinder segaris yang menghasilkan tenaga 109 ps dengan torsi puncak 138 Nm.Tenaga tersebut disalurkan dengan transmisi otomatik 6 percepatan atau manual 5 percepatan. SX4 S-Cross facelift dijual seharga Rp 268,85 juta untuk varian otomatik dan Rp 256 juta untuk varian manual khusus untuk wilayah Jakarta.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com