Kapan Terakhir Cek Ban Serep?

Kapan Terakhir Cek Ban Serep?

Selain keempat ban utama pada mobil, ban serep pun memiliki peranan yang tidak kalah penting. Ban serep merupakan ban cadangan yang diperlukan saat ban utama bermasalah. Posisinya yang kadang sembunyi, menjadikannya kerap diabaikan oleh pengguna mobil.

Namun perlu diingat, tekanan angin ban serep berkurang per bulannya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rudy Novianto selaku Defensive Driving Trainer di Sentul Driving Course.

 

“Prinsipnya tekanan angin pada ban serep itu akan berkurang 1 sampai 2 PSI per bulannya,” ujar Rudy ketika diwawancarai di Jakarta Pusat (30/8).

Namun jika Anda malas untuk mengecek tekanan angin ban serep secara berkala, jangan khawatir. Isi tekanan angin ban serep berlebih pun tak masalah.

“Justru diisi anginnya hingga 50 sampai 60 PSI tidak masalah. Ban yang sifatnya disimpan tekanan anginnya berapa saja tidak akan berbahaya,”tambah Rudy.

Masih menurut Rudy, ban serep jangan dibiarkan sampai kempes karena akan merepotkan sewaktu dibutuhkan.

“Karena ban cadangan yang kempes karena akan merepotkan sewaktu dibutuhkan,” tutup Rudy. Jadi, jangan pernah sepelekan kehadiran ban serep yang sembunyi di mobil Anda, ya.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com