Jaga Keselamatan Saat Mengemudi, Simak 6 Hal Penting ini

Jaga Keselamatan Saat Mengemudi, Simak 6 Hal Penting ini

Mengendarai mobil di jalan raya sepatutnya harus dengan baik dan benar. Hal ini merupakan salah satu dari berbagai aspek keselamatan berkendara di jalan raya. 

Selain mencegah kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri, juga demi terwujudnya keselamatan dan kenyamanan berkendara dengan pengguna jalan lainnya. Berikut 6 hal yang sebaiknya diperhatikan saat mengendarai mobil.

 

1. Mengenakan Sabuk Pengaman
Di setiap mobil umumnya sudah tersedia sabuk pengaman yang dirancang untuk menahan tubuh pengendara dan penumpang saat terjadi kecelakaan atau pengereman mendadak. Namun sayangnya masih ada beberapa pengendara yang lalai untuk mengenakannya. Agar selalu aman dan nyaman saat berkendara, pakailah sabuk pengaman sebelum berangkat.

2.Menyesuaikan Posisi Duduk
Posisi duduk saat berkendara juga menentukan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Usahakan posisi perut tidak terlalu dekat dengan lingkar kemudi karena akan susah bergerak saat memutar setir, kemudian sesuaikan tinggi rendahnya jok agar posisi kaki dapat mengoperasikan pedal secara optimal.

 

3. Mengatur Posisi Tangan Saat Memegang Setir
Mungkin banyak pengemudi yang menganggap hal berikut ini sepele, namun posisi tangan saat memegang setir dengan baik dan benar merupakan salah satu hal penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat mengendarai mobil. Sebaiknya saat memegang setir disarankan seperti arah jam 9 dan jam 3. Posisi tangan kiri berada di arah jam 9 sementara tangan kanan di arah jam 3. Posisi tersebut bisa dibilang paling nyaman.

4. Mengatur Posisi Kaca Spion
Pada saat berkendara, kaca spion dalam dan luar tentunya sangat berguna untuk melihat kendaraan sekitar dan melihat jarak bagian belakang saat parkir. Sebaiknya atur posisinya sebelum jalan agar tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara.

 

5. Nyalakan Lampu Sein Saat Mau Belok
Hal ini juga banyak disepelekan oleh para pengendara mobil, yakni menyalakan lampu sein saat ingin belok. Pada dasarnya lampu tersebut berguna untuk memberi tahu para pemakai jalan lainnya sebagai tanda bahwa mobil akan berbelok. Akibat dari kelalaian tersebut tidak jarang terjadi kecelakaan di jalan raya.

6. Jangan Pegang Smartphone Saat Berkendara
Terakhir hal yang paling sering terjadi adalah beraktivitas dengan smartphone saat mengendarai mobil. Hal tersebut tentu sangat membahayakan diri sendiri, penumpang dan pengendara lainnya di jalan raya karena akan menyebabkan konsentrasi pengemudi terbagi antara smartphone dan berkendara. Sebaiknya, selesaikan dulu aktivitas pada smartphone sebelum berangkat agar berkendara lebih aman hingga ke tempat tujuan.

 

Teks & foto: Christopher

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com