Jadi Saksi Kejadian dengan Dash Cam. Ini Pilihannya

Jadi Saksi Kejadian dengan Dash Cam. Ini Pilihannya

Penggunaan alat perekam video alias kamera kini makin banyak manfaatnya. Salah satu yang saat ini ramai dipakai untuk mobil adalah dash cam alias sebuah kamera kecil yang dipasang di kabin mobil. Alat ini berfungsi merekam semua kejadian sepanjang perjalanan.

Sejauh ini penggunaan kamera jenis ini ternyata cukup bermanfaat. Yang utama tentu jika terjadi hal buruk, kamera ini dapat menjadi saksinya. Rekaman yang ada di dalam dashcam dapat menjadi bukti untuk menentukan pihak mana yang sebenarnya salah. 

Dengan adanya dashcam di mobil, Anda juga tak perlu takut lagi meminjamkan mobil kepada teman, sebab segala aktivitas akan terekam sehingga Anda dapat meminta ganti rugi jika mobil Anda dibuat rusak. Hal itu juga berlaku bila mobil Anda dibawa oleh teknisi di bengkel atau petugas valet parking. Jika ternyata mobil menabrak, Anda tinggal melapor.

Pemasangannya alat yang bekerja mirip "Black Box" pada pesawat terbang ini juga cukup mudah. "Tinggal tempel di kaca depan saja, pastikan baterainya penuh. Memori eksternalnya akan menyimpan rekaman secara continous. Dan hanya bisa dihapus atau ditransfer menggunakan komputer," terang Kevin, punggawa toko Image Shot yang menjual Dash Cam merek Transcend.

Jika anda berminat untuk memiliki Dash Cam untuk dipasangkan ke mobil, kami beri beberapa opsi yang dihimpun dari pasaran. 

1. Transcend DP100
Kamera dengan resolusi video 1080 pixel ini memiliki desain yang ringkas. Tersedia layar 2.4 inci untuk melihat hasil tanggapan videonya. Adapula fitur untuk menangkap adegan video menjadi foto (Snapshot). Dash Cam yang dijual seharga Rp 1.750.000 ini bisa anda dapatkan di Image Shot, Ratu Plaza, Jakarta Pusat. 

2. Transcend DP220
Dash Cam ini merupakan produk lanjutan dari Transdcend DP100, namun punya fitur lebih beragam. Walau spesifikasi kameranya identik dengan DP100, tapi fitur GPS bisa ditemui pada DP220. Ada pula sensor guncangan yang akan membuat Dash Cam ini secara otomatis merekam saat mobil terkena guncangan kuat, walau sebelumnya kamera tak dinyalakan. Untuk konektivitas tersedia fitur WiFi untuk mengirim rekaman lebih cepat. Harganya dibanderol Rp 2.150.000.

3. Xiaomi Yi
Jika Dash Cam diatas terasa mahal, anda bisa melirik produk Xiaomi ini. Dengan harga Rp 1.5 juta saja anda sudah bisa merekam perjalanan anda. Walau harganya ekonomis tapi fiturnya cukup lengkap. Resolusi videonya yang 1080 pixel dibungkus dengan desain yang menarik, tak seperti kebanyakan Dash Cam yang rata-rata berwarna gelap. Bahkan juga ada fitur WifI pada Xiaomi Yi, sayangnya anda harus memori penyimpanan tak tersedia dalam paket pembelian. 

 

 

4.  LUKAS LK-7900 ACE 

Dash Cam satu ini cocok bagi anda yang mau serius untuk merekam dan menangkap tiap situasi saat mengemudi. Kamera mirorless dengan Sony CMOS image sensor dapat memproduksi video full HD 1080 pixel. LUKAS LK-7900 ACE bahkan punya beberapa mode perekaman, yaitu Driving Recording, Motion Detection Recording, Event Recording, and Manual (Emergency) Recording. Saat OtoDriver pantau di situs BukaLapak.com dashcam ini dibandrol Rp 4.250.000.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com