Interior Bisa Bersih Hanya Modal Rp 20 Ribu, Ini Caranya

Interior Bisa Bersih Hanya Modal Rp 20 Ribu, Ini Caranya

 

Interior mobil yang bersih memang jadi idaman setiap pemilik mobil. Hanya saja memang tidak  setiap orang telaten menjaga kebersihan interior mobilnya sendiri. Yang paling sering dilakukan hanya sekedar membersihkan karpet dan dilap saja. 

Padahal coba perhatikan, kalau sudah berumur di atas 2-3 tahun pasti doortrim dan dasbor pasti terlihat agak mengkilat atau berminyak yang membuat tampilan mobil jadi tak sedap dipandang. “Bukan cuma kelihatan berminyak, tapi pasti ada kotoran yang menjadi kerak juga. Apalagi kalau yang interiornya berwarna terang seperti Innova atau Avanza lama,” ujar Indra Kurniawan dari bengkel IKM Paintworks di kawasan Alam Sutera beberapa waktu lalu.

 

“Menghilangkannya mudah kok, hasilnya seperti interior mobil baru lagi. Bersih tidak mengkilap dan modalnya murah, enggak sampai Rp 20 ribu!” serunya. Namun tips dari Indra ini hanya berlaku untuk mobil yang dasbor dan doortrimnya terbuat dari plastik seperti Toyota Avanza, Kijang Innova, Suzuki Ertiga, dan lainnya. “Kalau dari kulit tidak bisa,” ujarnya. 

Jadi yang harus disiapkan adalah spons busa berwarna kuning yang biasa dipakai untuk cuci piring, sabun colek, lap chamois, dan air bersih. “Modalnya enggak sampai Rp 20 ribu tuh,” tukas Indra.

 

“Pertama balurkan sabun colek di bagian yang mau dibersihkan, setelah itu basahkan spons tadi dengan air kemudian mulai menggosok dengan pelan pada bagian yang sudah dibalurkan sabun colek tadi. Ingat, gosoknya tidak boleh terlalu kuat ya!” bilang pemukim di Bintaro ini.

 

Setelah digosok maka akan timbul busa dan terlihat kotoran (jika memang ada kotoran) mulai terangkat, “Ambil lap chamois dengan kondisi lembab kemudian lap seluruh bagian yang dibersihkan tadi, kalau masih terasa licin lapnya basuh lagi dengan air dan peras kemudian lap lagi sampai bersih,” bilangnya.

 

Kalau pada bagian tertentu seperti pada silplate yang lebih kotor karena kerap terinjak sepatu atau sisi bawah frame plastik jok, “Digosoknya boleh agak keras supaya kotorannya lebih mudah terangkat, setelahnya ulangi proses lap dengan lap chamois tadi,” ucap Indra lagi.

 

Hasilnya bisa dilihat sendiri, dasbor dan doortrim terlihat seperti baru lagi. “Tidak mengkilap alias doff seperti mobil baru, dan pastinya bersih,” bilangnya. Mudah dan murah kan!

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com