Inilah Mobil-Mobil Pertama Pabrikan Mobil kondang

Inilah Mobil-Mobil Pertama Pabrikan Mobil kondang

Tiap pabrikan mobil tentu punya sejarah dan cerita awal mula perusahaannya berdiri. Tentu hal itu lekat kaitannya dengan mobil pertama yang mereka produksi.

Mobil pertama tiap merek seakan menjadi tonggak sejarah. Unit itu menjadi awal dari bisnis besar yang berlangsung hingga beberapa dekade bahkan abad. Apa saja mobil-mobil tersebut? Mari simak ulasannya berikut.

 

1. Honda

 

Honda T360, sebuah truk kecil ini menjadi mobil pertama Honda sekaligus cikal bakal tonggak pengembangan mobil Honda. T360 lahir pada tahun 1963 dan menggunakan mesin berkapasitas 356 cc dengan kode AK250E.

Mesin tersebut mampu membawa mobil mungil ini berlari hingga 100 km/jam. Mulai diproduksi masal dari tahun 1963, Honda T360 berhenti produksi pada 1967.

 

2. Toyota 

 

Toyota A1 tercatat menjadi mobil pertama yang dibuat oleh pabrikan asli Jepang ini. Sedan empat pintu yang berstatus purwarupa ini hanya dibuat sejumlah tiga unit saja.

Mobil yang lahir pada 1935 ini menggunakan mesin 3.400 cc Type A I6 dengan transmisi manual tiga percepatan. Setelahnya Toyota mengembangkan A1 ke generasi baru dengan nama AA dan AB. Beberapa penyempurnaan teknis pun dilakukan oleh Toyota.

 

3. Daihatsu

 

Daihatsu HA Model yang dibuat pada tahun 1930 disebut pabrikan ini menjadi mobil pertamanya. Walau wujudnya merupakan truk kecil dengan satu roda di depan, HA Model menjadi cikal bakal kemajuan industri Daihatsu.

Baru pada tahun 1937 Daihatsu menciptakan mobil beroda empat pertamanya. Mobil kecil ini memiliki kapasitas kabin berpenumpang empat orang.

 

4. Suzuki

 

Suzuki Suzulight tercatat sebagai mobil berpenumpang pertama Suzuki. Mobil dua pintu ini lahir pada tahun 1955 dan terus diproduksi sampai tahun 1969. 

Suzuki menjual mobil ini dalam tiga varian bodi. Yakni ada tipe SS yang berwujud sedan, SL yang merupakan lightvan dan SP yang berupa pick-up. 

 

5. Chevrolet

 

Chevrolet Series C Classic Six menjadi mobil pertama buatan pabrikan asal Amerika Serikat ini. Hadir pertama kali pada 1913, mobil ini hanya dibuat satu unit. Chevy Series C memiliki mesin berkapasitas 3.000 cc dengan tenaga 40 dk. 

Mobil yang desainnya diciptakan oleh Etienne Planche ini tercatat berhenti diproduksi pada tahun 1914. Dan pengembangannya berlanjut dengan hadirnya Chevrolet Series H dan Series L.

 

6. Hyundai

 

Cortina tercatat dalam lembaran sejarah Hyundai sebagai mobil pertamanya. Mobil yang hadir pada 1962 ini sebenarnya bukan murni buatan Hyundai, tapi hasil kerjasama dengan Ford Motor Company di Amerika Serikat. Terlihat juga dari namanya yang sama dengan produk Ford.

Barulah pada tahun 1975 akhirnya lahir mobil pertama murni buatan Hyundai, yakni Hyundai Pony. Mobil bermesin 1.200 cc merek Mitsubishi ini sekaligus menjadi mobil nasionalnya Korea Selatan.

 

7. Mitsubishi

 

Mitsubishi Model A yang lahir pada tahun 1917 tercatat sebagai mobil pertama buatan Mitsubishi. Bahkan disebut juga sebagai mobil bermesin bensin pertama buatan Jepang. Saat itu Mitsubishi yang merupakan pabrik kapal laut hanya membuat 22 unit Model A.

Mobil ini digolongkan sebagai sedan empat pintu. Kapasitas mesinnya 2.765 cc dan secara keseluruhan dibuat di kota Kobe.

 

8. Mercedes-Benz

 

Benz Patent-Motorwagen adalah mobil buatan Mercedes-Benz pertama kali. Bahkan mobil yang ditemukan pada tahun 1885 ini juga diakui sebagai mobil pertama di dunia. 

Mobil berwujud roda tiga ini menggunakan mesin 2-tak berkapasitas 954 cc satu silinder. Dari dapur pacu tersebut, Benz Patent-Motorwagen menghasilkan daya 2 sampai 3 dk. Siapa sangka mobil ini menjadi awal kesuksesan Mercedes-Benz hingga lebih dari 125 tahun.

 

9. BMW

 

BMW Dixi tercatat merupakan mobil pertama buatan merek belambang baling-baling ini. BMW yang pada awalnya merupakan pembuat pesawat terbang dan sepeda motor baru kemudian membuat mobil pertamanya ini tahun 1928.

Mobil berpenggerak roda depan ini dilengkapi mesin berkapasitas 747 cc empat slinder segaris. Saat era perang dunia I mulai berakhir, Dixi akhirnya berhenti diproduksi tepatnya tahun 1931. Pengembangannya berlanjut pada Dixi 3/15 DA-1.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com