Inilah 16 Produk Suzuki Yang Terlibat Skandal Uji Konsumsi Bahan Bakar

Inilah 16 Produk Suzuki Yang Terlibat Skandal Uji Konsumsi Bahan Bakar

Walaupun menurut Suzuki Motor Corporation (SMC) bukan hal yang disengaja, tapi pihaknya baru saja mengakui bahwa mereka telah menggunakan metode yang salah dalam pengujian efisiensi bahan bakarnya.

Seperti yang diberitakan Paultan.org, Senin (23/5), SMC menjamin bahwa konsumennya akan tetap nyaman dalam menggunakan produk lansiran mereka.

Dari investigasi yang ada, 16 model mobil Suzuki yang ada di dalam data soal skandal ini. Di antaranya:

  1. Alto
  2. Alto Lapin
  3. Wagon R
  4. Hustler
  5. Spacia
  6. Every
  7. Carry
  8. Jimny
  9. Solio
  10. Ignis
  11. Baleno
  12. SX4 S-Cross
  13. Swift
  14. Escudo 2.4
  15. Escudo
  16. Jimny Sierra 

Namun seperti yang diinfomasikan, deretan model tersebut, hanya yang dijual di Jepang. Sedangkan produk Suzuki yang berada diluar Jepang tidak ada sangkut pautnya dalam skandal ini.

Ketidaksesuaian data efisiensi itu sudah berlangsung sejak 2010 yang melibatkan 2,1 juta unit kendaraan. Walaupun begitu ini tidak sefatal seperti Mitsubishi yang melakukan kesalahan sejak 1991.

Suzuki merasa perbedaan hasil uji emisi ini juga dipengaruhi lokasi pembuktian (proving ground) di Sagara yang terletak di atas bukit dan dekat dengan laut. Kondisi cuaca (seperti kondisi angin) di sana, akan membuat pengujian menjadi sulit, khususnya yang mempengaruhi hasil tes final.

Meskipun tampaknya tidak disengaja, pengakuan yang dilakukan Suzuki membuat sahamnya sempat mengalami penurunan 11 persen. 

 

Baca juga 

Suzuki Juga Ketahuan Memanipulasi Data Konsumsi BBM

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com