Inikah Mobil Diesel Terkencang di Dunia?

Inikah Mobil Diesel Terkencang di Dunia?

Sebuah rumah modifikasi khusus BMW baru saja meluncurkan Seri-5 terbaru yang diklaim sebagai mobil diesel tercepat di muka bumi. Mobil ini baru saja diluncurkan di Frankfurt Motor Show 2017.

Menurut yang diberitakan Carscoops, BMW Seri-5 Alpina yang berkode D5 S ini menggendong mesin diesel 3.000 cc enam silinder. Yang membuatya superior adalah dukungan tiga buah turbo dan common rail injeksi berperforma tinggi. Hasilnya, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 382 dk dengan torsi 800 Nm yang dicapai mulai dari putaran mesin 1.850 hingga 2.650 rpm.

 

 

Tenaga tersebut disalurkan ke empat roda dengan transmisi 8 percepatan buatan vendor asal Jerman juga, yakni ZF. Tak sembarangan, transmisi tersebut sudah berteknologi SWITCH-TRONIC dan mampu membuat Seri-5 ini berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,4 detik! Dan hebatnya lagi, ia bisa melesat sampai 200 km/jam dalam waktu 17 detik. Selain itu mobil ini diklaim mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 286 km/jam!

Namun untuk versi kemudi di sebelah kanan (right hand drive) ada sedikit penyesuaian, sehingga tenaganya sedikit menurun hanya menjadi 322 dk dengan torsi 699,6 Nm. Hal ini juga mempengaruhi akselerasi yang 'hanya' 0-100 km/jam dalam tempo 4,9 detik.

Namun jika dibandingkan dengan BMW M550d yang dilengkapi dengan empat buah turbo, memang sebenarnya Alpina D5 S kalah 7 dk. Tapi dari segi torsi, M550d kalah hingga 40 Nm. Tapi keduanya tetap mampu melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 4,4 detik, akan tetapi M550d hanya mampu mencatat top speed 250 km/jam.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com