Ini Dia Penyebab Rem Mobil Menjadi Blong

Ini Dia Penyebab Rem Mobil Menjadi Blong

Rem blong biasanya menjadi penyebab kecelakaan yang tergolong fatal. Banyak yang menganggap bahwa piranti rem tidak perlu perawatan khusus.

Lantas apa yang menyebabkan rem mobil bisa jadi blong? "Biasanya disebabkan karena friction atau pergesekan material atau kampas rem yang overheat, sehingga koefisien friction menurun," ucap David, pemilik Bengkel Dunia Usaha Motor yang terletak di kawasan BSD, Tangerang Selatan, ketika diwawancarai OtoDriver, Minggu (29/1) lalu.

 

David menambahkan, rem blong juga disebabkan oleh pelumas rem yang juga kelewat panas alias overheat. Selain itu, beberapa faktor lainnya juga bisa menyebabkan rem menjadi blong.

"Bisa jadi karena slider macet, piston macet, tekanan hidraulis tidak turun kembali, dan sliding area pad macet, merupakan sebagian sumber penyebabnya," jelas Hening.

Celakanya, sering kali masalah tersebut muncul hanya gara-gara pemilik mobil malas membersihkan atau merawat rem saja. Waktu kontrol berkala rem biasanya 10.000 km sekali, karena perhitungan menggunakan hitungan bulan tidaklah akurat.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com