Hore, Mazda MX-5 Dikabarkan Masuk Indonesia 2017

Hore, Mazda MX-5 Dikabarkan Masuk Indonesia 2017

Banyak yang mengkhawatirkan Mazda akan lesu di Indonesia sepeninggal Mazda Motor Indonesia (MMI) yang hengkang Februari 2017 nanti. Tapi kenyataannya terbalik 180 derajat. Hadirnya Eurokars sebagai pemegang merek Mazda di tanah air membuat gerak-geriknya makin agresif. Setelah Mazda 3, kini kami mendapat bocoran terpercaya kalau MX-5 AkyActiv terbaru juga akan dihadirkan di 2017. 

Berita ini kami dapatkan dari sumber terpercaya. "Ya betul, MX-5 Miata terbaru akan masuk ke Indonesia di 2017," ucap sumber kami tersebut. "Hal yang tadinya sulit diselesaikan oleh MMI bisa diatasi oleh Eurokars." 

Walau ada varian 1.500 cc SkyActiv bertenaga 128 hp di dunia, sumber kami yang lain bilang kalau mesin 2.000 cc SkyActiv-lah yang akan dimasukkan. Mesin itu bertenaga 158 hp. Walau tenaganya lebih kecil 12 hp dari generasi sebelumnya yang juga 2.000 cc, namun mesin ini dipadu oleh transmisi yang lebih baik.

Belum diketahui manual atau otomatis yang dimasukkan, tapi kedua transmisi 6-speed itu sudah SkyActiv pula. Artinya rasio gigi cenderung dekat, sedangkan di tipe otomatis slip yang terjadi juga jauh berkurang.

 

Mazda

 

MX-5 Miata ini juga memiliki bodi lebih ringkas serta suspensi lebih baik. Alhasil, dari pengujian sejumlah media luar negeri yang kami baca, ia bisa mencatat performa lebih baik dari pendahulunya meski bertenaga lebih kecil. Lantas, efisiensi BBM-nya lebih baik.

Sebelumnya saat masih dipegang MMI, MX-5 tidak bisa dimasukkan ke Indonesia. Alasannya adalah peraturan 'usang' negara ini yang mewajibkan semua mobil memakai ban serep. Padahal MX-5 sudah dilengkapi ban anti-kempis serta tak memiliki tempat khusus ban serep. Sama seperti MX-5 Miata generasi sebelumnya, yang uniknya bisa dijual di Indonesia.

"Tapi hal itu bisa diatasi oleh Eurokars," ucap sumber tadi tanpa menyebut detailnya. Artinya ia bisa saja ditambahi ban serep, atau ada lobi lainnya yang mungkin dilakukan. Yang jelas mobil ini akan masuk secara legal.

Harganya sendiri belum bisa dipastikan, namun sumber kami bilang kalau diusahakan di bawah Rp 700 juta. Sebagai catatan, Mazda MX-5 Miata generasi sebelumnya dijual di kisaran Rp 600 juta. Miata merupakan mobil convertible termurah kedua di Indonesia setelah Daihatsu Copen yang dijual Rp 400 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com