Honda Patenkan Transmisi 11-Speed Triple-Clutch. Untuk Apa?

Honda Patenkan Transmisi 11-Speed Triple-Clutch. Untuk Apa?

Honda baru saja mematenkan transmisi 11-speed dan triple-clutch. Padahal sebelumnya mereka masih tahap proses pengembangan transmisisi 10 percepatan persis setahun lalu.

Honda Dual Clutch yang baru setahun lalu dikembangkan

Seperti yang diberitakan Jalopnik.com, cara kerja dari transmisi baru ini ternyata bakal lebih membuat mobil jauh lebih efisien dibanding transmisi dengan dual clutch. Tapi bagaimana cara kerja dengan tambahan satu kopling lagi alias triple clutch?

Kopling ketiga ini berfungsi untuk bisa berganti gigi melompat satu gigi setelahnya (dari 1 bisa langsung otomatis ke 3 bahkan 4) jika kondisi jalanan dirasa memungkinkan oleh komputer mobil. Dengan kopling ketiga itu, perpindahan gigi lompat menjadi sangat cepat dan halus. Hal tersebut juga menghindari kehilangan tenaga saat terjadinya perpindahan gigi.

Pihak Honda sendiri belum mengumumkan mobil apakah nanti yang pertama kali disandingkan dengan transmisi terbarunya ini. Apakah akan dipasangkan ke mobil-mobil kecilnya seperti Honda Jazz ataukah ke mobil-mobil besarnya.

Namun aplikasi transmisi dengan gigi sebanyak ini biasanya lebih tepat kepada kendaraan penumpang. Karena di mobil sport, pabrikan juga harus memikirkan keasyikan pengemudi memindahkan gigi secara manual.

Bayangkan kalau pengendara harus memindahkan 11 gigi transmisi. Itu sebabnya rata-rata mobil sport dan supercar memiliki transmisi tak lebih dari 7-speed.

Pemakaian 11-speed akan lebih tepat untuk mobil yang lebih sering menggunakan moda transmisi full otomatik. Kita tunggu saja akan hadir di Honda apa.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com