Honda Civic Type R Tak Punya Transmisi Otomatik. Alasannya Simpel

Honda Civic Type R Tak Punya Transmisi Otomatik. Alasannya Simpel

Honda Civic Type R yang hadir di Indonesia hanya dilengkapi transmisi manual 6 percepatan. Tak ada opsi transmisi otomatik pada Civic terbuas ini. Apa alasannya?

Cukup simpel. Dari apa yang diungkap oleh Hideki Kakinuma selaku Assistant Large Project Leader Civic Type R 2017 yang OtoDriver temui di GIIAS 2017 lalu (10/8), alasan bobot menurutnya jadi faktor utama.

 

Kakinuma-San menyebut bahwa untuk menjejali transmisi otomatik berjenis dual-clutch automatic atau yang disingkat DCT, justru bisa menambah bobot Civic Type R. Dan transmisi manual 6 percepatan yang saat ini diusungnya dianggap lebih ringan.

Walau tak menyebut berapa bobot dari masing-masing dari gelondongan dua transmisi tersebut, setidaknya Honda telah membuktikan kesaktian Civic Type R di sirkuit Nürburgring, Jerman. 

 

Transmisi yang melayani lecutan tenaga maksimum sebesar 310 ps dan torsi maksimal 400 Nm ini sudah menganut close ratio. Maka harusnya pengemudinya bisa melakukan short-shifting untuk mengukir akselarasi terbaik.

Hatchback bermesin 2.000 cc turbo ini juga dilengkapi Four-Wheel Adaptive Damper System yang menjanjikan kualitas berkendara optimum. Tersedia pula tiga mode mengemudi, yaitu Comfort untuk sensasi berkendara harian, Sport untuk sensasi berkendara yang lebih sporty dan +R untuk memerah tenaganya di sirkuit.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com