Hanya 5 Menit, Cek Seluruh Cairan yang Ada Di Ruang Mesin Sebelum Berangkat Mudik

Hanya 5 Menit, Cek Seluruh Cairan yang Ada Di Ruang Mesin Sebelum Berangkat Mudik

 

Mudik ke kampung halaman dengan menggunakan mobil pribadi bersama keluarga memang menyenangkan. Oeh karena itu pastikan kondisi mobi Anda selalu dalam kondisi prima agar tidak menemui hambatan selama di perjalanan. 

Pengecekan kondisi mobil sebelum berangkat mudik harus dilakukan agar Anda tenang selama di perjalanan, "Pengecekan kondisi mobil termasuk cairan yang ada di ruang mesin, seperti air radiator dan tabung reservoirnya, oli mesin dan transmisi, oli power steering, minyak rem dan minyak kopling, juga air wiper. Ini penting karena masing-masing ciran itu memegang peranan penting, seperti air radiator yang fungsinya membantu mendinginkan mesin," ujar Sartono, Technical Leader Auto2000 Bintaro.

 

Dimulai dari pengecekan oli mesin, Anda bisa mengecek apakah oli mesin berkurang atau sudah waktunya diganti dari deepstick yang ada di blok mesin. Kalau terlihat oli berada di bawah batas maksimum yang biasanya ditandai dengan huruf ‘F’ atau yang berarti full, sebaiknya Anda tambahkan dengan oli yang sama spesifikasinya. Setelah ditambah cek lagi melalui deepstick tadi.

 

Kemudian pengecekan oli transmisi matik, untuk yang satu ini dilakukan setelah suhu mesin mulai hangat atau setelah dihidupkan sekitar 2 menit. Pengecekan dilakukan dalam kondisi mesin hidup.

 

Ini yang paling sering terlewatkan oleh para pemilik mobil, padahal pengecekannya paling mudah. Ya, air radiator memegang peranan penting dalam pendinginan mesin. Kalau sampai air radiator berkurang maka bisa menyebabkan mesin jadi lebih panas karena system pendinginannya tidak bekerja maksimal.

Buka turup radiator, jika air radiator berkurang langsung ditambahkan. Setelah itu cek apakah ada kebocoran atau bisa saja berasal dari tutup radiator yang sudah kurang bagus kondisinya.

 

Lalu lakukan juga pengecekan minyak rem, di botolnya ada tertulis ‘Min’ yang berarti minimum dan ‘Max’ yang berarti batas maksimum. Kalau dibawah batas maksimum segera ditambah ya! Selain itu jika mobil Anda bertransmisi manual, biasanya ada minyak kopling. Cara pengecekannya sama seperti minyak rem.

 

Kemudian pengecekan oli power steering, cukup buka tutup botol oli power steering dan lihat apakah masih ada oli power steering di deepsticknya. Jika ada sedikit atau malah tidak ada sama sekali langsung tambahkan oli khusus power steering ya!

 

Untuk air wiper, coba tarik tuas wiper untuk memastikan air wiper masih ada atau tidak. Jika sudah tidak keluar airnya, langsung tambahkan air ke tabungnya. Bisa dengan air biasa atau wiper fluid khusus.

Mudah kan? Total waktu yang diperlukan tidak sampai 5 menit sebelum Anda berangkat mudik dan Anda tetap tenang sampai tujuan. 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com