GT Radial Belum Tertarik Produksi Ban RFT di Indonesia. Ini Alasannya

GT Radial Belum Tertarik Produksi Ban RFT di Indonesia. Ini Alasannya

GT Radial yang bernaung di bawah PT Gajah Tunggal Tbk saat ini disebut-sebut sebagai salah satu produsen ban terbesar di Indonesia. Saat ini PT Gajah Tunggal Tbk mengoperasikan 5 pabrik ban yang berlokasi di Tangerang, Banten.

Salah satu ban mobil andalannya saat ini adalah Champiro Eco yang diklaim memiliki kemampuan dalam mendukung efisiensi bahan bakar mobil. Ban ini dibuat khusus agar dapat memiliki rolling resistance (hambatan gulir) rendah sehingga mobil lebih mudah bergulir.

Ilustrasi ban RFT

 

Namun, jika berbicara soal salah satu teknologi ban terkini yang bahkan telah jamak ditemukan seperti RFT (Run Flat Tires), pihak GT Radial nampaknya belum tertarik untuk memproduksi ban jenis ini secara lokal. Padahal di kancah internasional mereka memiliki berbagai produk yang sudah mengadopsi teknologi RFT.

Perbincangan kami dengan Rizki Andromerdi selaku Senior Brand Executive GT Radial membuahkan kesimpulan, bahwa pihaknya masih belum tertarik karena terbentur regulasi di Indonesia yang belum membuka kesempatan untuk ban jenis ini. “Pasar ban seperti ini niche sekali, beberapa pabrikan mobil premium di Indonesia memang sudah menggunakan, tapi masih berbenturan dengan regulasi pemerintah yang mewajibkan kehadiran ban cadangan di dalam mobil,” ujar Rizki.

Regulasi soal ban cadangan saat ini memang masih menjadi perdebatan dan polemik di Indonesia. Rizki pun menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada mediasi atau diskusi dari pemerintah yang melibatkan produsen ban dalam (GT Radial) untuk membahas regulasi ban cadangan tersebut.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com