FIRST DRIVE: Toyota Yaris Heykers 2016

FIRST DRIVE: Toyota Yaris Heykers 2016

Di saat peluncurannya (3/11), PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menyediakan Yaris Heykers yang bisa dirasakan oleh para awak media untuk dicoba di dalam lingkungan Senayan City.

Memang dilihat secara dekat, tampilan eksteriornya terlihat jelas bahwa Yaris Heykers adalah sebuah compact crossover. Yaris Heykers ini yang dilengkapi dengan panel-panel tambahan berwarna hitam di sekeliling fender yang menyambung hingga ke bumper depan dan belakang dan side protection moulding. Pelindung bumper bagian bawah ini juga ditambahkan sebuah panel yang diberi kelir warna silver sebagai pelindung tambahan di bagian belakang. 

Tidak mau berlama-lama, langsung OtoDriver melakukan pengetesan pada Yaris Heykers. Saat masuk dalam kabinnya yang berkelir hitam, tidak ada perubahan yang terjadi di bagian dalam. Hanya sentuhan-sentuhan minim seperti pada kisi AC di pojok kiri kanan yang mendapatkan panel tambahan berwarna silver.

Kemudian sistem infotainment touch screen baru pada dasbor bagian tengah yang kini memiliki ukuran 7 inci dengan berbagai fitur kelengkapan mulai dari bluetooth, DVD, koneksi HDMI, telepon, internet, dan Mirroring atau Miracast. Meski tetap saja pengoperasiannya agak sulit karena tanpa tombol analog.

 

Unit mesin 2NR-FE yang sama seperti Sienta adalah mesin yang juga digunakan oleh Yaris Heykers. 

 

Rasa penasaran terbesar adalah pada unit mesin berkode 2NR-FE empat silinder berkapasitas 1.500 cc yang kini mengisi ruang mesin Yaris. Saat dinyalakan, mesin ini terasa lebih halus. Memang TAM sendiri mengklaim bahwa mesin ini memang lebih halus dibadning mesin generasi sebelumnya yang berkode 1NZ.

Bagaimana soal performanya? Kami tidak bisa merasakan performa saat melakukan pengetesan ini karena lokasi pengetesan yang tidak memungkinkan sama sekali untuk mengetahui performanya. Namun kami yakin performanya tidak berbeda jauh dengan Sienta karena mesin yang digunakan sebenarnya identik. Mungkin akan terasa sedikit lebih responsig mengingat bobot Yaris Heykers ini lebih ringan dibandingkan Sienta.

Begitu juga dengan transmisi CVT 7 percepatannya yang tidak bisa kami rasakan seutuhnya, karena lagi-lagi terbatasnya wilayah pengetesan. Tapi merasakan dari awal berjalan, tetap ada karakter khas CVT yang kosong saat start dari posisi diam dan baru mulai bergerak secara halus ke depan. 

 

Suspensi racikan TRD Sportivo yang menambah ketinggian hingga 20 mm dan velg dengan profil ban baru yang juga berperan serta menambah ketinggian hingga 15 mm.

 

Perubahan ground clearence yang sangat terlihat karena Yaris yang sudah ada saat ini hanya memiliki ground clearence 149 mm namun kini menjadi 184 mm berkat suspesi racikan baru dari TRD Sportivo. Selain itu pelek ukuran 16 inci dengan ban 195/55 R16 yang artinya berprofil lebih tebal juga memiliki peran menambah ketinggian Yaris Heykers. 

Hal ini terbukti setelah OtoDriver melakukan uji coba yang disediakan oleh TAM di lingkungan Senayan City dengan 'obstacle' layaknya sebuah polisi tidur yang sangat besar. Dengan diisi empat orang, obstacle ini dengan mudah dilewati tanpa ada terasa mentok di bagian kolong mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com