FIRST DRIVE: Toyota New Agya 1.2 TRD S

FIRST DRIVE: Toyota New Agya 1.2 TRD S

Harga murah, belum tentu murahan. Kesan ini rasanya pas untuk disandang Toyota New Agya, ketika Otodriver ikut dalam Journalist Test Drive Toyota New Agya di Yogyakarta 23 sampai 24 Mei lalu.

Di Kota Gudeg, Jawa Tengah itu, kami disuguhkan dua Agya tipe 1.2 TRD S A/T yang dibanderol Rp 151,9 juta dan hari berikutnya 1.2 TRD S M/T yang bisa ditukar dengan kocek sebanyak 138,8 juta. Kedua mobil yang menggunakan pelek 14 inci dual tone alloy ini memang hanya beda di transmisi. Namun secara rasa dan kualitas tidak ada bedanya.

 

 

Kenapa kesan tidak murahan justru kami dapat?  Pertama, desain eksterior yang jauh modern ketimbang Agya generasi awal. Sepertinya konsep produk sophisticated smart agile yang disematkan Toyota pada desain New Agya memang berhasil memikat calon pembeli. Dengan dominasi desain gril berbentuk trapezoid memberi kesan jauh lebih modern. Selain itu, dipasangnya projector headlamp dengan LED light guide membuat wajah Agya terkesan mahal dan galak.

Melihat bagian buritan,  Agya lansiran 2017 yang hingga Mei ini sudah mencetak 5.700 SPK, tampak lebih manis dan kekinian. Selain roof spoiler plus model bumper baru, diterapkannya desain reverse L-shape pada lampu belakang memberikan kesan mewah. Bagi pengemudi kendaraan di belakangnya pun, sinyal yang diberikan lampu belakang sangatlah jelas dan membantu.

 

 

Selain itu dari sisi keamanan, tambahan fitur Immobilizer, 3 point seat belt untuk semua penumpang dengan standar ISOFIX (International Standards Organisation FIX), sensor belakang, sistem pengereman ABS (khusus 1.2 TRD), side impact beam, seat belt reminder hingga airbag, makin membuat mobil yang bertema Have Fun Go Max ini terlihat tidak murahan.

 

 

Bagaimana tenaganya? Dapur pacu yang berkode NR memiliki kapasitas 1.200 cc, 4 silinder VVT-i dan mampu menyemburkan tenaga hingga 88 hp. Mesin ini sama dengan yang digunakan sepupunya, Toyota Calya. Pengetesan sesungguhnya ketika kami harus menuju Hutan Imogiri, Bantul. Tanjakan terjal dan berkelok membuktikan, tenaga 88 dk dan kombinasi torsi 11.0 kg/nm mampu melibas dengan mudah. 

 

Kesimpulan

Dengan harga yang dipatok, kami menemukan fun to drive pada salah satu spesies Toyota ini. Tampilannya juga membuat dia terlihat lebih mahal dari sebelumnya.

 

Spesifikasi:

Toyota Agya 1.2 TRD S 

Harga:  Rp 151,9 juta (OTR DKI Jakarta)

Kapasitas Mesin: 1,197 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 88 ps / 6.000 rpm

Torsi maksimum: 11 Nm / 4,200 rpm

Transmisi: Otomatik dan Manual 5 percepatan 

 

KELEBIHAN:

- Tampilan meningkat jauh

- Opsi mesin 1.200 cc yang fun to drive

- Fitur meningkat

 

KEKURANGAN:

- Setir tak bisa diatur

- Audio tak semodern Ayla

- Tak ada tuas di pintu bagasi

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com