First Drive: Toyota C-HR 1.2 GT 2017

First Drive: Toyota C-HR 1.2 GT 2017

Crossover yang satu ini pasti pernah Anda lihat di booth Toyota pada gelaran GIIAS 2017 lalu. Namun mobil berwarna hijau metalik itu adalah Toyota C-HR yang bermesin hybrid. Nah, kali ini OtoDriver mendapat kesempatan untuk mencoba Toyota C-HR spek tertinggi, yaitu C-HR 1.2 GT Turbo! 

Tawaran menarik ini datang dari gerai importir umum Gading Autocars yang menjual C-HR 1.2 GT Turbo ini di area showroomnya, daerah Kelapa Gading, Jakarta. Melihat langsung C-HR berwarna merah ini ada di depan mata, rasa antusias ingin segera mencoba mobil yang 'konon' akan dijual PT Toyota Astra Motor ini semakin memuncak.

 

Sebelum mencobanya, kap mesin kami buka. Terlihat mesin 4 silinder berkapasitas 1.200 cc dengan turbo langsung terlihat. 1.200 cc? Tentu saja mesin dengan kode 8NR-FTS ini berbeda dengan mesin 1.200 cc yang digunakan si kembar Calya dan Sigra.

"Toyota C-HR GT ini fiturnya berlimpah, seperti Pre-Collision system, Lane Departure Alert, Road Sign Assist dan Automatic Highbeam, serta Pedestrian Detection dan Adaptive Cruise Control yang sudah termasuk dalam paket Toyota Safety Sense juga All-Wheel Drive," ujar Polim Santoso, punggawa Gading Autocars yang menemani kami saat meliput mobil ini. 

 

Okey, sekarang waktunya mencoba crossover baru ini! Kami diberi kesempatan mencobanya di area dengan permukaan jalan cone block. Pada tarikan awal, power mesin dengan turbo ini sudah cukup terasa. Meskipun bobot bodi terbilang berat dengan dimensi yang lumayan besar, mesin tidak terasa 'kehabisan nafas' membawa beban bodi yang cukup besar berkat bantuan turbo.

Transmisi Super CVT-i juga mendukung putaran mesin ke roda lebih halus dan tidak terasa perpindahan gearnya. Smooth!

 

 

Beruntung ketika menjajal di permukaan coneblock kami jadi bisa merasakan suspensinya. Perpaduan Macpherson strut untuk depan dan double wishbone untuk belakang dengan chassis yang stiff menghasilkan perpaduan yang cukup sempurna untuk melewati permukaan jalan yang kurang mulus, meski agak terasa keras di bagian belakang namun cukup stabil ketika melewati tikungan.

Selain itu interiornya juga terlihat modern dan nyaman. Instrumen cluster mudah terbaca, audio mudah dioperasikan melalui steering switch control, AC dingin dan nyaman berkat dual zone dan Nanoe technology. Joknya juga dilengkapi heater meski belum tentu terpakai di Jakarta.

Soal harga, Gading Autocars menawarkan harga OTR Rp 798 juta. Penasaran?

Spesifikasi :

Mesin                 : 4 silinder, 1.197 cc turbo direct injection

Tenaga                : 115 dk/ 5.200 rpm

Torsi maksimum   : 190 Nm /1.500 rpm

Transmisi             : Super CVT-i, AWD

Dimensi                : 4.360 x 1.795 x 1.565 mm

Wheelbase            : 2.640 mm

Gading Autocars

021-22454545

Foto tambahan:

 

 

 

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com