FIRST DRIVE: Suzuki All New Ertiga GX AT

FIRST DRIVE: Suzuki All New Ertiga GX AT

Suzuki Ertiga model baru resmi menambah deretan LMPV keluaran baru yang berdesain cukup segar. Buan saja punya desain baru yang berubah total, LMPV kebanggaan Suzuki ini pun menawarkan mesin baru yang diklaim lebih bertenaga.

Kami pun berhasil mencicipi LMPV generasi kedua ini dalam sesi First Drive yang berlokasi di areal JiExpo Kemayoran, Jakarta. Walau lahan tergolong terbatas, namun harus kami akui akselarasi unit All New Ertiga tipe GX bertransmisi otomatik ini sangat mengesankan.

Sebelum loncat ke pengalaman mengendarainya, akan kami jelaskan dahulu bagaiamana impresi kenyamanan kabinnya. Walau tak pakai jok pembungkus kulit, namun tetap tak mengurangi kenyamanan saat duduk. Duduk di baris kedua tetap nyaman berkat leg room yang tergolong lega untuk kru OtoDriver berpostur 169 cm dan berat 61 kg. 

 

Bahkan kami dimanjakan dengan power outlet di konsol tengah. Tak perlu takut kepanasan juga berkat adanya blower AC di baris kedua yang siap menghembuskan angin ke baris ketiga.

Namun catatan kami, akses ke baris ketiga terasa agak sulit karena pelipatan bangku belum menganut one touch tumble seperti yang ada di kompetitornya. Namun saat mencoba duduk di bangku paling belakang ini pun tak terasa begitu buruk, masih cukup akomodatif. Apalagi sandarannya bisa disetel kemiringannya.

Tak sabar, kami pun loncat ke balik kemudi. Layaknya mobil dengan harga di atasnya, menyalakan mesin cukup menekan tombol Engine Start - Stop. Dapur pacu berkode K15B ini pun terdengar halus dan cukup senyap di kabin.

Tak ada kesulitan dan gejala kasar saat memasukkan percepatan ke posisi D, pedal gas pun terasa enteng dibenamkan hingga All New Ertiga ini tiba-tiba melesat cukup spontan. Redaman suspensi harus kami sebut cukup baik saat mengakomodir akselarasi mesin.

 

Suspensi Ertiga model baru ini pun harus tersiksa saat memasuki handicap empat baris speed bump. Walau peredaman tak menemui kendala, namun bantingannya masih terasa mirip-mirip karakter model lawasnya.

Percobaan berikutnya adalah melesatkan All New Ertiga di lintasan lurus dengan memposisikan tuas transmisi di "2". Ledakan mesin berkubikasi 1.462 cc ini terasa semakin mantap saat akselerasi, namun karakternya bukan yang liar, bahkan kebisingan mesin pun juga teredam cukup baik. Bantingan suspensi mobil bertenaga 104,7 ps ini saat kecepatan tinggi pun cukup baik.

Kesimpulan:

Perubahan total pada Ertiga generasi kedua ini memang terasa cukup sukses memberi kenyamanan dan impresi sangat positif pada kami. Putaran setir yang ringan, kekedapan kabin tergolong baik, sampai adanya fitur engine start-stop button benar-benar membuat kai terkesan. Namun ground clearance-nya yang lebih rendah dibanding model terdahulu harusnya jadi perhatian lebih ketika Anda membawa full penumpang.

Kelemahan:

1. Belum jok kulit

2. Dimensi lebih besar

3. Desain pelek belum two tone

Kelebihan:

1. Bagasi lebih besar

2. Pelipatan bangku baris ketiga semakin rata lantai

3. Fitur semakin lengkap

Spesifikasi:

Suzuki All New Ertiga GX AT 2018

Harga: Rp 246 juta (prakiraan)

Kapasitas Mesin: 1.462 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 104,7 ps/6.000 rpm

Torsi maksimum: 138/4.400 rpm

Transmisi: Otomatik 5 percepatan 

Foto tambahan:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com