FIRST DRIVE: Mitsubishi New Small MPV (EKSKLUSIF)

FIRST DRIVE: Mitsubishi New Small MPV (EKSKLUSIF)

OtoDriver memperoleh kesempatan emas untuk mencoba calon New Small MPV (begitu kami diizinkan untuk menyebutnya) terbaru Mitsubishi di Jepang (15/7). Tepatnya di area pengujian alias proving ground milik Mitsubishi Motors di Okazaki, Aichi, Nagoya Plant. Untuk pertama kalinya kami melihat wujud utuh calon mobil baru Mitsubishi ini.

Kesan pertama melihat wujudnya, cukup mengesankan. Bodi mobil ini sarat akan lekukan dinamis yang sangat mencirikan MPV modern. Kendati sarat akan lekukan tajam dan dinamis namun secara keseluruhan, mobil ini sangat pas merepresentasikan sebuah kendaraan andalan keluarga muda.

Desain mobil ini disebut-sebut terinspirasi dari sejarah dan heritage Mitsubishi. Maka tak heran jika tetap ada unsur sporty namun tetap terlihat ke arah mewah jika dibandingkan pada kelasnya. Tentunya calon mobil baru ini juga mendapat pengaruh dari unsur Indonesia, yakni ground clearance yang sepertinya tertinggi di kelasnya. 

 

 

Mencoba masuk ke kabinnya, mobil ini kembali membuat kami terkesan. Duduk di jok pengemudi maupun di bagian penumpang depan terasa nyaman. Bukan sekedar menopang punggung, joknya cukup empuk di badan dan pas untuk postur kami.

Semua tombol mudah dijangkau dari posisi mengemudi. Dan yang paling berkesan ketika duduk di bangku pengemudi adalah pandangan ke arah luar yang sangat luas. Rancangan dasbor yang berkesan luas, semakin memudahkan pandangan ke jalan. Apalagi pilar A yang ukurannya proporsional, cukup meminimalkan blind spot.

 

 

Penasaran dengan jok paling belakang, kami pun tak kesusahan ketika mengakses bangku baris ketiga. Bahkan kru di lapangan yang berpostur 180 cm tak kesulitan mengakses bangku baris ketiga ini. Ketika sudah duduk pun juga tak ada kendala terhadap kelegaan kabin.

Hembusan AC dari depan juga terasa sampai bangku baris ketiga. Tetap bisa cukup menyejukkan, meski pada hari itu di lokasi udara bersuhu 35 derajat celcius. Dan ketika mencoba baris kedua, tak ada kendala berarti yang kami temui. Kabin terasa spacious, kelegaan yang telah dirancang Mitsubishi sudah cukup ideal.

 

 

Puas mencoba duduk sebagai penumpang, kami pun duduk di balik kemudi untuk merasakan sensasi yang diberikan dari balik kap mesin. Unit yang tersedia adalah tipe otomatik, namun akselerasi tergolong baik.

Yang menarik ketika kami melahap kontur jalan tak rata, Small MPV Mitsubishi ini tetap memberikan kenyamanan optimal. Karakter bantingan suspensinya cukup baik. 

Ternyata suspensi belakangnya diklaim merupakan hasil titisan dari mobil sport Mitsubishi. Ketika kami melintasi permukaan jalan yang halus, suspensi seolah mengeras untuk mengejar kestabilan. Tapi saat melibas jalanan keriting, tak terasa guncangan yang berlebihan di kabin.

 

 

Sebagai informasi, proving ground ini memiliki berbagai profil aspal yang sama persis dengan jalanan yang ada di Indonesia. Namun ketika Small MPV ini kami pacu sampai 100 km/jam, kestabilannya cukup oke.

Belum banyak informasi yang bisa kami sampaikan karena sebagian masih ditutupi rapat. Namun untuk mesinnya, secara garis besar kami rasakan tenaganya sudah lebih dari cukup untuk jalanan di Indonesia.

Untuk sementara baru ini yang dapat kami sampaikan. Sebenarnya masih banyak detail spek lain yang perlu dikuak, termasuk foto-foto detailnya, tapi itu belum dimungkinkan untuk didapat. Untuk informasi eksklusif selanjutnya mengenai mobil ini, pantau terus website kami.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com