First Drive: Honda NSX Hybrid 2017

First Drive: Honda NSX Hybrid 2017

Supercar selalu membuat mata siapapun terbelalak saat ia melintas, entah karena modelnya atau raungan mesinnya yang memiliki suara khas. Termasuk supercar yang satu ini, Honda NSX. Lihat saja desain eksteriornya yang terlihat seperti mobil konsep yang futuristis, sporty dan keren!

Honda NSX memang tidak pernah dijual resmi oleh APM Honda, PT Honda Prospect Motor. Namun sekitar awal  2000 silam, NSX generasi pertama beberapa kali terlihat melintas di jalanan Jakarta yang belum sepadat sekarang. 

Beruntung sobat lama Kami, Ferdy Santoso dari gerai Importir Umum Ivan’s Motor di Kelapa Gading menawarkan OtoDriver untuk mencoba Honda NSX terbaru ini. 
Meski waktu yang diberikan dan tempat mencobanya sangat terbatas, kesempatan ini tidak boleh dilewatkan. Kapan lagi mencoba supercar yang tengah jadi pembicaraan di tanah air? 
 
Begitu mobil ada di hadapan OtoDriver, kap belakang langsung dibuka karena penasaran dengan mesinnya. Meski hanya terlihat mesin yang ‘mengintip’ dari balik frame karbon, mesin dengan teknologi hybrid yang dinamakan Sport Hybrid SH-AWD (Super Handling All-Wheel Drive) ini semakin membuat kami penasaran. 
 
Mesin V6 berkapasitas 3.500 turbo ini sanggup menyemburkan daya hingga 507 dk. Kemudian masih ditambah Direct Drive Motor yang tersambung langsung transmisi double clutch 9DCT dan Twin Motor Unit, membentuk sistem hybrid dengan total power hingga 581 dk. Membuat supercar ini mampu melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 2,9 detik saja! Wow!
 

 
Seperti yang ditulis tadi di atas, desain eksterior yang sporty ternyata tak beda jauh dengan versi konsepnya. Honda NSX dulu diartikan dengan ‘New Sportscar eXperimental’. Namun untuk yang generasi kedua artinya berbeda; New Sports eXperience. Selain mesin berteknologi hybrid yang powerful, desain eksteriornya pun menyiratkan power dan kecepatan. 
Perbedaannya hanyalah NSX gen 2 ini lebih panjang 80 mm, lebih lebar 25 mm dan lebih tinggi 15 mm. Bahkan, wheelbase pun ada selisih 20 mm.

 

Begitu duduk di dalam kabin, jangan repot mencari tuas transmisinya. Karena pengoperasian transmisinya menggunakan tombol saja, mulai dari P R N D semua tinggal sentuh tombolnya saja. 

 
Layaknya supercar, jok semi bucket siap memegang badan Anda di dalam kabin ketika bermanuver. Setir dengan paddle shift dan steer switch control juga tidak terasa licin ketika digenggam. Nah, untuk mengetahui sistem hybridnya sedang bekerja, di instrument cluster bisa terlihat ketika motor listrik sedang bekerja mengisi baterai.
 
Mengandalkan area yang tidak terlalu luas dan permukaan cone block, kami mencoba beradaptasi dengan NSX ini. Begitu pedal gas diinjak, power awal mesin hybrid ini ternyata bisa 'menarik' kepala kami ke jok, bagaimana kalau di jalan aspal yang mulus ya?
 
Selain itu, lingkar setir terasa presisi ketika bermanuver meski kecepatan kami tidak terlalu tinggi. Yang pasti suspensi 'keras' khas supercar sudah cukup terasa, Anda tentunya tidak mengharapkan kenyamanan dari sebuah supercar, bukan?
 
Spesifikasi :
 
Mesin        : V6, 3.493cc turbo, Direct Drive Motor dan Twin Motor Unit
 
Transmisi  : 9-speed DCT, AWD
 
Dimensi     : 4.470 x 1.940 x 1.215 mm
 
Wheelbase : 2.630 mm
 
Properti : Ivan’s Motor (021) 6506666
 
Foto tambahan:

 
 

 

Bautenam
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com