Dengan Stiker Ini Bisa Diketahui Standar Tekanan Angin Pada Ban Mobil Anda

Dengan Stiker Ini Bisa Diketahui Standar Tekanan Angin Pada Ban Mobil Anda

 

Tekanan angin ban mobil ternyata sangat penting. Jika melewati batas standar maksimal maka tapak ban yang kontak dengan permukaan jalan tidak merata, namun jika kurang dari batas minimal bisa mengakibatkan ban benjol bahkan bisa pecah ban. Selain itu akan berpengaruh ke 'feel' setir mobil Anda juga dan pastinya membahayakan.

Yang pasti, tekanan angin pada ban tidak akan berkurang jika tidak ada kebocoran yang disebabkan tertusuk paku atau kerusakan pada pentil anginnya. Nah, jika tekanan angin ban mobil Anda berkurang, Anda juga harus tahu tekanan angin standar mobil Anda. Karena setiap mobil berbeda-beda ukuran tekanan anginnya.

bautenam

Sebagai contoh adalah Toyota All New Kijang Innova. Untuk mengetahui tekanan angin standar mobil, Anda bisa mengetahuinya dari stiker Tyre-Loading Information yang ada di frame pilar B sebelah kanan. Buka pintu kanan depan bagian driver, di pilar B bagian dalam ada stiker berwarna putih yang tertulis mengenai informasi tekanan angin standar mobil Anda.

Pada foto ini adalah Tyre-Loading Information Toyota All New Kijang Innova. Dengan ukuran standar ban 205/65R16, maka tekanan angin untuk ban depan 33 psi dan belakang juga 33 psi. Namun jika Anda membawa penumpang atau barang bawaan, tekanan angin ban belakang harus ditambah menjadi 36 psi. Mudah kan?

Tentu saja setiap mobil berbeda-beda lokasi stiker ini, Anda bisa mencari atau menanyakan ke mekanik dari bengkel resmi tempat Anda membeli mobil.     

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Baca Juga

 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com