Daihatsu Hi-Max Sudah Dilengkapi Snorkel, Siap Libas Banjir!

Daihatsu Hi-Max Sudah Dilengkapi Snorkel, Siap Libas Banjir!

Daihatsu Hi-Max yang resmi meluncur dengan menyasar segmen di bawah Gran Max punya mesin 1.000 cc. Bukan saja mengklaim pick up barunya itu irit BBM, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menyebut Hi-Max siap menerjang banjir.

Pasalnya Daihatsu melengkapi mobil niaga ini dengan snorkel di area bak dekat dengan dinding kabin. "Ini adalah saluran filter udara dari mesin, sengaja kami letakkan di area tinggi," buka K. Sakamoto, Chief Engineer Daihatsu Motor Co., Ltd. pada OtoDriver di sela seremonial launching Hi-Max di Jakarta Pusat (10/11).

Snorkel terletak di pojok bak, menempel secara vertikal

Pick up serupa sebenarnya juga dijual di Jepang dengan mesin lebih kecil tapi tak dilengkapi snorkel. "Snorkel ini khusus untuk Hi-Max di Indonesia agar aman saat melewati genangan banjir yang berpotensi water hammer pada mesin," tambah Sakamoto San.

Pria yang sudah tinggal di Indonesia selama 3 tahun ini menyebut bahwa sebenarnya semua mobil dilengkapi "snorkel" udara juga. Hanya saja rata-rata posisinya tetap berada di dekat mesin dan rawan saat melibas banjir.

Dalam klaimnya, Daihatsu menjamin Hi-Max tetap aman melewati genangan air sampai ketinggian 60 cm. Bahkan saat uji coba sebelum dilempar ke pasaran, Hi-Max diuji melewati genangan dan airnya sampai membasahi lantai kabin. Dalam kondisi tersebut pick up bertampang unik ini masih tetap menyala, dan sistem elektrikal tetap berfungsi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com