Daihatsu Hadirkan New Mira Di Jepang, Klaim Kehematannya Mengejutkan

Daihatsu Hadirkan New Mira Di Jepang, Klaim Kehematannya Mengejutkan

Daihatsu yang memang spesialis mobil mungil nan ekonomis merilis Mira model baru, mobil kecil khas Jepang alias K-Car (10/5). Sekilas terlihat seperti LCGC Daihatsu Ayla, tapi Mira punya mesin yang kapasitasnya tak sampai 1.000 cc.

Kendati demikian, K-Car seperti Mira ini juga mendapat keringanan pajak layaknya LCGC. Daihatsu New Mira dibekali mesin 658 cc berkonfigurasi 3 silinder. Tenaganya 49 PS di putaran 6.800 rpm dan torsinya di angka 57 Nm pada 5.200 rpm. 

 

 

Menariknya, spesifikasi yang diterapkan pada dapur pacu Mira terbilang lengkap. Melansir dari web Paultan, disebut bahwa tiap silinder dilengkapi dua injektor. Ini bertujuan menciptakan pembakaran yang lebih stabil.

Bahkan pada tipe transmisi otomatik, bukan CVT-nya yang jadi perhatian utama, tapi teknologi thermal controller pada transmisi sabuk itu. Daihatsu mengklaim transmisi CVT ini bisa bekerja dengan suhu yang lebih rendah dibanding mekanisme CVT pada umumnya.

 

 

Teknologi di atas juga digabung dengan fitur Eco Idle auto engine start/stop system untuk mengejar efisiensi bahan bakar. Dan improvisasi besar yang didapat Mira edisi 2017 ini adalah pemangkasan bobot.

New Mira dengan penggerak 2WD hanya punya berat total 650 kg sedangkan yang 4WD 720 kg! Bobot ini lebih ringan 30 persen dibanding Mira generasi sebelumnya. Hasilnya, Daihatsu mengklaim Mira tipe e:S (2WD) mampu mengukir kehematan bahan bakar di angka 34.2 km per liter, sedangkan yang tipe 4WD 32.2 km per liter.

Daihatsu New Mira 2WD tipe terendah dibanderol seharga 842.400 Yen atau sekitar Rp 98 jutaan. Sedangkan yang 4WD, harga termurah di angka 1.080.000 Yen atau sekitar Rp 126 juta.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com