Cat Spesial Toyota Membuat Mobil Prius Lebih Efisien

Cat Spesial Toyota Membuat Mobil Prius Lebih Efisien

Sebuah inovasi dari Toyota dalam membuat mobil hybrid seperti Prius bisa lebih hemat dalam penggunaan baterainya. Toyota menggunakan teknik yang mereka sebut Toyota Body Color Technology.

Warna Thermo-Tech Lime Green adalah cat khusus yang mereka ciptakan. Warna ini mampu mereduksi temperatur suhu mobil yang dipengaruhi oleh sinar inframerah matahari. Di saat cuaca panas, warna ini mampu meredam panas matahari sehingga kerja pendingin udara di dalam mobil pun dapat berkurang.

"Kami berharap dapat mengontrol temperatur suhu mobil sekitar 5 derajat celcius saat dibandingkan dengan temperatur suhu permukaan bodi mobil tanpa fungsi penghalang sinar matahari di saat musim panas," ujar Takashi Ogawa selaku juru bicara dari Toyota.

Dengan teknologi cat mobil ini, mereka menjamin dapat meningkatkan efisiensi 5 hingga 25 persen dalam pengeluaran energi. Karena cat ini memiliki racikan khusus dengan menghilangkan partikel warna karbon hitam pada mobil sehingga meningkatkan reflektivitas cahaya matahari pada permukaan mobil. Semakin dingin temperatur dalam mobil, penggunaan energi baterai pun semakin efisien dan hemat karena penggunaan listrik untuk memaksimalkan AC jadi semakin kecil.

"Produsen mobil lebih menyukai untuk menggunakan warna karbon hitam untuk penyesuaian warna. Tapi jika Anda mencoba untuk membuat permukaan bodi lebih dingin, sedikit warna karbon hitam dapat berpengaruh pada refleksi sinar matahari," ungkap Dr. Ronnen Levinson selaku ilmuwan dari Heat Island Group.

Cat khusus ini dibanderol dengan harga sekitar US$ 350 atau sekitar Rp 4,6 juta dan sementara baru tersedia untuk pasar domestik Jepang saja.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com