Cara Membaca Spesfikasi Oli Mesin (Bagian 2)

Cara Membaca Spesfikasi Oli Mesin (Bagian 2)

Jika dalam artikel sebelumnya kami jelaskan angka indeks SAE alias (Society of Automotive Engineers) pada kemasan oli, maka kesempatan kali ini giliran penjelasan API (American Petrolium Institute).

Masih mengutip dari siaran pers PT Toyota Astra Motor berjudul Arti Kode Pada Oli Mesin (25/1), Pada mesin bensin umumnya kode API diikuti dengan huruf “S”, sementara diesel huruf “C”.

 

Setelah huruf tersebut di ikuti dengan huruf kedua sesuai abjad. Misal SA, SB, SC, SD, SE dan seterusnya. Huruf kedua tersebut bisa diartikan untuk mesin mobil yang lebih modern.

Sebagai contoh, oli dari merek XYZ Full Synthetic 0W-20 API SN ILSAC GF-5 yang direkomendasikan untuk digunakan pada Toyota Calya karena memiliki tingkat kekentalan yang cair sehingga membuat oli ini mampu melumasi seluruh bagian mesin dengan sempurna.

Adapun standarisasi API ini juga disesuaikan dengan perkembangan jenis mesin mobil. Umumnya semakin tinggi huruf kedua akan menunjukkan spesifikasi yang lebih tinggi.

Pemakaian oli yang tepat pada sebuah mobil menjadi faktor penting. Tidak hanya untuk mencapai performa yang optimal, tapi juga untuk menjaga daya tahan mesin mobil itu sendiri.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com