BMW M5 Generasi Terbaru Dirilis, Dibatasi 250 Km/Jam "Saja"

BMW M5 Generasi Terbaru Dirilis, Dibatasi 250 Km/Jam "Saja"

Mobil ini memiliki tampilan dari basisnya Seri-5 G30 namun untuk mendukung kemampuannya sebagai sebuah sedan kencang, divisi M memberikan sejumlah perubahan di eksteriornya. Mulai dari wajah depan dan belakang kini jadi lebih kekar. 

Tak pelak, tampilan Seri-5 terbaru ini jadi semakin tampan. Bumper pun juga jadi kian sangar dengan air intake yang berukuran lebih besar di depan. Ditambah diffuser yang lebih agresif serta adanya empat buah pipa knalpot di belakang.

 

Untuk di bagian samping, hanya ada tambahan aksen grill dua baris di spakbor depan serta pelek yang hadir dengan ukuran lebih besar yaitu 19 inci dengan ukuran ban 275/40 untuk di depan dan 285/40 untuk di belakang. Ada juga opsional dengan pelek berukuran 20 inci yang menggunakan ban 275/35 di depan dan 285/35 di belakang.

Masuk ke dalam interiornya, BMW M5 ini hadir dengan kulit berjenis Merino dipadu dengan panel-panel aluminium. Jok depannya pun juga berbeda dengan Seri-5 biasa karena menggunakan M Multifunction Seats terbaru mereka yang sepertinya memberikan Lateral Support lebih baik.

 

 

Bicara soal bagian terpenting dari mobil racikan M tentu adalah mesinnya. Untuk M5 generasi keenam ini menggendong mesin 4.400 cc V8 twin turbo dengan tenaga monster yang dihasilkan yaitu 600 dk dengan torsi 750 Nm. Namun sebenarnya untuk mesin M5 terbaru ini masih menggendong mesin M5 sebelumnya yang berkode S63 tapi diberikan sejumlah peningkatan.

Peningkatannya seperti mengganti turbo model baru serta penggantian injector BBM baru yang bisa mencapai 350 bar. Dengan pengoptimalan sistem suplai bahan bakar membuat mesin ini jauh lebih responsif namun juga lebih efisien.

 

 

Selain itu sistem lubrikasi serta pendinginan juga mengalami perubahan yang jauh lebih balik dibanding sebelumnya sehingga mesin terbaru ini juga diklaim lebih cepat mendinginkan tempratur mesinnya saat mobil ini digeber. Sistem gas buangnya pun juga mendapatkan banyak revisi hingga resonatornya serta ada tambahan fitur baru yaitu M Sound Control dimana ada tombol di dalam kabin yang akan mengatur katup knalpot agar bisa memberikan suara knalpot yang lebih halus.

Tenaga besar yang dihasilkan tersebut disalurkan ke empat roda. Yup, kini M5 memiliki sistem all-wheel drive BMW xDrive melalui transmisi terbarunya bernama M Steptronic 8 percepatan dengan fitur Drivelogic. Menariknya, sebagian besar mobil akan bertambah bobotnya saat ditanamkan sistem gerak AWD, namun BMW mengklaim bahwa M5 ini malah lebih ringan dari pendahulunya yang bersistem gerak roda RWD.

Dengan konfigurasi baru ini, M5 generasi terbaru ini diklaim mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik. Namun sayangnya pihak BMW memberikan pembatas untuk kecepatan maksimalnya di 250 km/jam "saja".

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com