Benarkah Warna Pelat Nomor Akan Diubah Jadi Putih?

Benarkah Warna Pelat Nomor Akan Diubah Jadi Putih?

Korlantas Polri memiliki sebuah rencana baru untuk mengubah warna dasar pelat nomor kendaraan yang semula berwarna dasar hitam menjadi putih. Warna angka yang semula putih akan diganti menjadi hitam. Ada beberapa alasan yang menjadi dasar untuk melakukan perubahan ini.

"Korlantas akan mengubah spek, spek itu spesifikasi teknis daripada pelat nomor itu. Semangatnya adalah kita akan mengoptimalkan upaya-upaya dalam pelayanan dan faktor-faktor keselamatan, ketertiban lalu lintas," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammas Iqbal yang dikutip dari Detik.com (26/7).

Perubahan warna ini juga adalah salah satu cara agar pihak polisi dapat mengetahui kendaraan mana saja yang melanggar aturan lalu lintas yang mana data pelanggar akan terkoneksi pada Traffic Management Center (TMC) Korlantas Polri.

"Nanti dalam spektek itu, dalam pelat nomor yang nanti akan diubah. Itu akan terkoneksi kepada Traffic Management Center kita yang berbasis IT. Nanti itu pelat nomornya seperti aplikasi face recognation," jelas Iqbal.

 

 

Warna putih dipilih sebagai pengganti karena dianggap lebih memudahkan polisi dalam pembacaan pelat nomor kendaraan. Selain itu, pemilihan warna putih sudah melalui kajian sejumlah pakar, salah satunya pakar IT.

"Nanti ketika misalnya kena CCTV dan lain-lain, itu akan langsung terdeteksi kendaraan milik siapa, nomor mesin sampai nomor rangka dan lain-lain. Kita akan mengurangi angka kecelakaan di situ, kemacetan terus juga unsur-unsur tindak pidana," sambung dia.

Dengan cara ini sistem peneguran terhadap pelanggar tata tertib lalu lintas nantinya tidak  lagi seperti saat ini yang mana kendaraan diberhentikan langsung oleh polisi. Tetapi yang diterapkan adalah e-tilang.

"Misalnya kenapa itu melebihi kecepatan. Kami langsung saja menghubungi si driver dan menyampaikan bahwa anda melebihi kecepatan. Rencananya untuk semua jenis kendaraan. Intinya peningkatan pelayanan dan faktor keselamatan dan tertib lalu lintas," jelas Iqbal.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com