Begini Cara Membedakan Kaca Film Asli dan Palsu

Begini Cara Membedakan Kaca Film Asli dan Palsu

Kaca film menjadi sebuah piranti penting pada sebuah mobil. Komponen ini punya peranan penting untuk menolak masuknya panas ke dalam kabin, sekaligus menjaga privasi penumpang di dalam mobil.

Belakangan ini, banyak sekali merek-merek kaca film yang beredar di pasaran. Tak terkecuali kaca film palsu, berlabel merek ternama tapi ternyata tiruan alias palsu. 

 

Apriyanto selaku pemilik toko kaca film Cempaka Auto Film di Banten menjelaskan kaca film asli dengan palsu secara fisik memang sekilas terlihat serupa dan sama.

“Kaca film yang asli dan palsu kalau dilihat warnanya mirip, tapi performa tidak bisa bohong,” ujarnya saat ditemui di toko kaca film-nya yang berlokasi di kawasan Tangerang Selatan, Banten (23/6).

Untuk memastikan keaslian kaca film, biasanya beberapa toko kaca film memiliki alat untuk menentukan jenis dan spesifikasi kaca film tersebut.

“Beberapa toko toko kaca film pasti punya alat untuk mengukur tingkat tolak panasnya. Nah, alat ini juga berguna untuk membedakan kaca film asli dan palsu,” tambahnya.

“Jadi kita tes dengan alat tersebut. Kalau kaca film premium yang asli, angka tolak panasnya biasanya bagus. Berbeda dengan kaca film palsu, angka tolak panasnya rendah layaknya kaca film tidak bermerek,” tutup Apriyanto.

Jadi, jika ragu saat membeli kaca film, jangan segan untuk meminta uji tolak panas pada penjualnya. Jika tak mampu menunjukkan uji tolak panas, bisa dipastikan kaca film yang ditawarkan tak sesuai merek-nya alias tiruan.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com