Begini Cara Bersihkan Sendiri Jok Mobil Setelah Pulang Mudik

Begini Cara Bersihkan Sendiri Jok Mobil Setelah Pulang Mudik

Selesai dipakai mudik, kondisi interior mobil tentunya jadi lebih berantakan dan kotor. Berbagai noda dan kotoran makanan dan minuman atau bahkan noda lainnya tak sedikit yang sulit hilang dari jok mobil.

Menyerahkan pembersihan interior pada jasa cuci mobil memang praktis, tapi lebih seru dan hemat jika Anda kerjakan sendiri. Yang mesti diingat, jangan sembarangan ketika membersihkan jok, sebab berbagai bahan pembungkus punya perlakuan pembersihan yang berbeda.

 

 

Dari yang dipaparkan laman resmi Daihatsu Indonesia (4/7), kulit jok berbahan fabric atau beludru punya cara pembersihan yang beda dengan bahan kulit. Simak panduannya di bawah ini.

 

1. Gunakan deterjen lembut untuk jok berbahan kain atau beludru
Langkah awal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah membersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman pada jok. Alatnya bisa dengan lap microfiber atau sikat berserat halus, lalu gunakan vacuum cleaner hingga tidak ada bekas atau kerak noda.

Setelah itu, campurkan deterjen cair dengan air hangat kemudian rendam spons ke dalam air dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok. Bersihkan secara perlahan agar jok tak terlalu basah, kemudian endapan air sabun diseka pakai handuk basah tanpa sabun hingga kotoran hilang.

 

2. Gunakan kondisioner khusus untuk jok berbahan kulit
Jok berbahan kulit memang lebih mudah dibersihkan tapi juga tidak bisa sembarangan dalam merawatnya. Terutama dalam memilih bahan pembersih. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga, Sahabat bisa membersihkan dengan air detergent khusus jok kulit lalu ditutup dengan memberikan cairan atau kondisioner khusus.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com