Atur Barang Bawaan Agar Selamat saat Arus Balik Mudik

Atur Barang Bawaan Agar Selamat saat Arus Balik Mudik

Biasanya barang bawaan akan bertambah ketika kembali dari kampung halaman kembali menuju kota masing-masing. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap pengaturan barang di dalam maupun hingga di luar mobil. Barang bawaan ini memerlukan perhatian khusus soal penempatannya, karena berpotensi menimbulkan bahaya bagi diri dan kendaraan Anda.

Contohnya panel plastik di bagasi yang tergores, atau pengendalian mobil yang terganggu akibat distribusi bobot yang tidak baik. Berikut adalah 4 hal yang perlu dilakukan guna mengatur barang bawaan ketika arus balik mudik:

1. Pengaturan posisi barang bawaan

Prinsip pengaturan posisi barang di bagasi sejatinya cukup sederhana. "Barang berdimensi paling besar, berat, atau yang palng tidak dipergunakan selama perjalanan  harus diletakkan di posisi paling bawah," ujar Albetus Agustianto dari Indonesia Safety Institute Indonesia. Hal ini berkaitan erat dengan centre of gravity yang otomatis mempengaruhi pengendalian mobil. Barang juga harus diletakkan saling mengunci dengan mengatur posisi barang serapat mungkin dengan dinding bagasi untuk mencegahnya bergeser. Selain itu, usahakan agar barang bawaan di bagasi tidak menutupi kaca belakang karena dapat mengganggu visibilitas.

2. Perlakukan wadah cairan dengan baik

Pastikan tutup wadah mampu menutup kuat dan posisikan 'tertidur' di bagasi. Karena bidang kontak yang semakin lebar akan mencegahnya bergerak. Anda perlu memastikan cairan yang dibawa aman dan tidak mengandung bahan yang mudah terbakar.

3. Manfaatkan trunk organizer dan cargo net

Agar bagasi semakin rapi dan mencegah barang bawaan melukai panel bagasi ada baiknya untuk menggunakan trunk organizer. Pilih trunk organizer yang dilengkapi dengna velcro agar dapat merekat dengan lantai bagasi untuk mencegah terjadinya pergeseran. Jika tersedia tali pengikat, bisa diikatkan pada kursi belakang atau hook jika ada. Cargo net juga amat berfungsi membuat barang bawaan erat tersimpan dalam bagasi.

4. Lindungi Panel Bagasi

Meski terlihat mampu meredam benturan, jangan gunakan kardus sebagai boks penyimpanan barang. Empuk ketika ditekan, namun permukaan kardus yang kasar justru akan menimbulkan friksi saat bersentuhan dengan panel bagasi dan membuatnya lecet. Cara terbaik adalah dengan berhat-hati saat bongkar muat barang atau melapisi area panel bagasi dengan kain berbahan lembut.

Itulah sedikit tips mengenai pengaturan barang di bagasi agar selamat dan tidak melukai. Sudah siapkah Anda menghadapi arus balik mudik 2018? Selalu utamakan keselamatan saat berkendara ya!

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com