Amankah Calya-Sigra Pakai Pelek 16 Inci?

Amankah Calya-Sigra Pakai Pelek 16 Inci?

Pelek Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang standarnya berukuran 14 inci tak sedikit mengundang celoteh publik. Desain peleknya memang sudah bagus, tapi ia terlihat berdiameter kecil dan tak terlalu mengisi ruang fender di mobil LCGC itu.

Alhasil Calya-Sigra bisa terbilang cingkrang atau kurang proporsional karena rongga yang ditimbulkan ban ring 14 dengan ruang fender yang lumayan besar. Maka pertanyaannya apakah bisa dan tetap aman jika mengganti pelek dengan diameter lebih besar?

Pelek standar yang berukuran 14 inci bisa di-up grade jadi 16 inci

Langkah dalam kondisi demikian pun juga berlaku bagi saudara Calya yakni Daihatsu Sigra. Kami pun bertanya langsung dengan pihak Astra Daihatsu Motor selaku produsen duo LCGC 7 seater ini.

"Kalau bisa atau tidaknya mengganti ban ke ukuran yang lebih besar ya bisa saja. Tapi kami sudah menghitung dan merancang ukuran terbaik ban dan pelek Sigra - Calya, ya lingkar 14 inci lah yang terbaik," terang Satriyo Budiutomo, Research and Development Direktorat PT Astra Daihatsu Motor pada OtoDriver dalam sebuah kesempatan di bulan Agustus kemarin.

Terbaik di sini dalam artian, ukuran pelek tersebut memberi kombinasi paling pas dalam hal keamanan, kenyamanan, performa serta konsumsi BBM. Seperti kita tahu, membesarkan pelek memang menambah daya cengkeram di jalan tapi bisa berakibat kurangnya hal lain. Dengan kata lain, pihak Daihatsu tidak merekomendasi penggantian pelek standarnya.

Berangkat dari penjelasan tersebut OtoDriver menemui ternyata sudah ada pemilik Calya yang merasa kaki-kaki mobil barunya itu kurang proporsional. Maka mereka melakukan penggantian pelek beserta karet bundarnya.

"Saya ganti pelek Calya pakai pelek bawaan Honda Jazz yang ukurannya 16 inci. Tidak ada kendala saat pasangnya, Plug and Play," tukas Ade Habibie, pemilik Toyota Calya warna merah. Ia juga menuturkan tak ada perubahan atau gejala teknis yang timbul akibat pemakaian lingkar pelek yang lebih besar itu.

"Hanya saja kemudi jadi agak berat, dari yang sebelumnya malah teralu enteng," ungkap pendiri komunitas Calya-Sigra pertama di Indonesia ini. "Tidak terasa limbung, tenaga dan akselarasi engga ada perubahan signifikan. Speedometer juga tetap berfungsi akurat." Memang ada sejumlah modifikator yang menyatakan, menaikkan ukuran pelek boleh saja, tapi maksimal plus 2 inci dari standarnya. Jadi 16 inci boleh dibilang merupakan diameter maksimal di Calya-Sigra.

 

Begini bila diberi pelek 16 inci. Terlihat lebih proporsional.

 

Selain pelek bawaan Jazz yang berlingkar 16 inci, Habibie yang juga hobi modifikasi mobil menuturkan bahwa pelek bawaan Toyota All New Yaris juga bisa jadi pilihan. Walau demikian ada pula kerugian yang jadi konsekuensi dalam mengganti pelek Calya atau Sigra seperti ini.

Dipastikan garansi yang meliputi kaki-kaki akan hangus karena penggantian pelek tersebut. Maka Daihatsu pun tak mau mengganti misal ada kerusakan suspensi, pengeraman atau bagian-bagian pendukung kaki-kaki lainnya jika Anda sudah melungsurkan pelek bawaan pabrik. Karena walau masih dalam batas kewajaran, mengganti pelek dengan ring lebih besar tetap tidak direkomendasikan pabrikannya.

Selain itu, di atas kertas performa akselerasi juga agak menurun karena torsi mesin harus memutar ban lebih besar. Lantas kehematan bahan bakar juga secara teoritis terkorbankan karena tapak ban lebih besar. Tapi secara tampilan tak bisa ditampik ia memang jadi terlihat jauh lebih proporsional dan bagus. 

Sedangkan aman atau tidaknya mengganti pelek berukuran besar tergantung pada pemilihan merek, lebar, serta offset pelek. Pilihlah yang tidak keluar dari bodi dan merupakan produk berkualitas yang lebih kuat. Sementara untuk ban, pilihlah yang lebarnya tak terlalu jauh dari ukuran asli. Jangan lupa lakukan spooring dan balancing lagi setelah melakukan penggantian pelek.

Jadi, pilihan ada di tangan Anda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com