Adu Fitur Keselamatan Toyota Vios dan Honda City

Adu Fitur Keselamatan Toyota Vios dan Honda City

Toyota Vios terbaru akhirnya resmi diluncurkan beberapa pekan lalu. Perubahan tampilannya benar-benar signifikan sama persis seperti yang sudah hadir di beberapa negara lain.

Selain tampilannya yang berubah, Vios terbaru ini juga mendapatkan banyak fitur baru dan yang paling menonjol adalah munculnya berbagai piranti keselamatan alias safety. Small sedan ini bersaing langsung dengan Honda City dan bagaimanakah bila keduanya disejajakan untuk mengadu tingkat keselamatan?

Kantung udara milik Vios

 

Vios facelift hadir dengan berbagai macam sistem keselamatan yaitu mulai dari airbag tujuh titik; dua di bagian depan untuk pengemudi dan penumpang, kemudian di bagian bawah dasbor pengemudi (knee airbag), di sisi kursi kabin depan pengemudi dan penumpang serta dua curtain airbag yang memanjang dari pilar A hingga pilar C di sisi kiri kanan.

Kemudian ada Hill Start Assist untuk memberikan kesempatan kepada pengemudi menahan mobil saat memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas saat mobil tengah berhenti di tanjakan. Ada pula Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga kestabilan mobil saat bermanuver, ada ABS + EBD + BA pada sistem pengereman, seatbelt tiga titik untuk seluruh penumpang dan ISOFIX.

 

 

Sedangkan City juga memiliki banyak fitur keselamatan, mulai dari Vehicle Stability Assist (VSA) untuk menjaga kestabilan saat bermanuver, Hill Start Assist yang sama seperti Vios sistem kerjanya, sistem pengereman ABS, Brake Overide System dan Emergency Stop Signal (ESS).

Bagaimana dengan kantung udaranya? Ternyata tak sebanyak Vios, City hanya punya dua titik airbag; untuk pengemudi dan penumpang bagian depan saja. Sementara untuk ISOFIX tetap ada.

Sebagai informasi, Toyota Vios hadir dengan empat pilihan varian yaitu E manual, E CVT, G manual dan G CVT yang rentang harganya mulai dari Rp 291,1 juta hingga Rp 326 juta. Sedangkan untuk Honda City hadir dalam dua pilihan varian saja yaitu E manual dan E CVT dengan rentang harga Rp 313,5 juta hingga Rp 322 juta.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com