8 Mobil Unik yang Pernah Diracik AMG. Tidak Hanya Mercedes-Benz!

8 Mobil Unik yang Pernah Diracik AMG. Tidak Hanya Mercedes-Benz!

AMG hingga saat ini dikenal sebagai tunner modifikasi resmi untuk Mercedes-Benz. Rumah modifikasi resmi ini sudah memodifikasi dan memberi banyak varian maupun edisi khusus untuk Mercedes-Benz sepanjang sejarahnya.

Tapi tahu kah Anda bahwa AMG ternyata pernah membuat mobil-mobil varian unik? Mulai dari menggarap sedan Mitsubishi sampai truk ber-roda enam tercatat jadi sejarah mobil yang pernah digarap AMG. Berikut ini adalah mobil-mobil unik AMG yang pernah mereka hasilkan dengan jumlah yang sangat terbatas dan tergolong unik.

 

1. Mercedes-Benz SL65 AMG Black Series 2009

Basisnya dari SL 65 AMT kemudian dimodifikasi bodi dan sasisnya untuk mendapatkan bobot ringan dengan menghilangkan mekanisme atap cabriolet-nya dan menggantinya menjadi atap utuh berbahan karbon fiber. Begitu juga beberapa bagian bodinya serta suspensi yang sumbu rodanya lebih lebar untuk mendapatkan handling yang sempurna. Untuk mesinnya, AMG memberikan roadster dengan unit mesin 6.000 cc V12 twin-turbo bertenaga 661 dk dan torsi 1.000 Nm. Tidak hanya itu, sistem pengereman juga mendapatkan peningkatan performa mengingat mesinnya menjadi lebih gahar.

 

 

2. Mercedes-Benz CLK GTR

Ini adalah mobil versi jalan raya yang dibuat pada medio 1998 dan hanya ada 25 unit saja. CLK GTR terinspirasi dari mobil balap Le Mans Mercedes-Benz. Dipersenjatai dengan mesin 6.900 cc V12 yang bertenaga 604 dk dengan torsi 775 Nm. Mesin ini diklaim mampu membuat CLK GTR akeselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,8 detik dan mampu mencapai top speed 344 km/jam!

 

 

3. Mercedes-Benz AMG Hammer

Berbasis dari sedan Mercedes-Benz W124 dan mendapatkan mesin hasil modifikasi berkapasitas 6.000 cc V8 sehingga mampu menghasilkan tenaga 365 dk. Di era 1986, mobil ini dijuluki sebagai pembunuh Ferarri Testarosa karena tenaga yang dihasilkan lebih besar daripada supercar cantik tersebut. AMG juga memodifikasi eksteriornya dengan memberikan bodikit yang diklaim meningkatkan aerodinamis serta pelek besar berukuran 17 inci. Selain itu suspensi belakangnya juga mendapatkan banyak perubahan yang diadopsi dari sedan S-Class saat itu yang berkode W126. Hal ini dilakukan untuk membuat tenaga mobil ini lebih bersahabat karena saat itu "Hammer" dianggap sulit untuk dikontrol.

 

 

4. Mitsubishi AMG Galant

Mungkin Anda bingung saat melihat ini. Namun memang benar, AMG pernah membuat Galant atas pesanan dari Mitsubishi sebelum pihaknya menjadi tuner resmi Mercedes-Benz. Mitsubishi meminta AMG membuat Galant berperforma tinggi serta tampilan yang agresif khas AMG. Hasilnya, AMG membuat mesin 2.000 cc untuk Galant yang bisa mencapai 170 dk berkat penggantian piston, camshaft, per klep berbahan titanium, pipa intake racikan khusus dan pengaturan komputer mesinnya. Selain itu AMG juga diminta untuk mengubah desain dari bumper depan dan belakang serta spoiler dan juga peleknya. 

 

 

5. Mercedes-Benz SL73 AMG

Berbasis dari roadster R129 SL600 yang dimodifikasi oleh AMG mulai dari mesin 6.000 cc V12–nya menjadi 7.300 cc sehingga mampu bertenaga 518 dk dengan torsi 749 Nm yang dianggap sangat besar di 1999 untuk sebuah mobil jalan raya. Tenaga sebesar ini mampu membuat SL73 melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 4,8 detik dan mencapai topspeed 299 km/jam. AMG mengklaim bahwa mobil ini dibuat hanya dalam jumlah terbatas yaitu 85 unit saja.

 

 

6. Mercedes-Benz CLK DTM AMG

Mobil ini memiliki basis dari CLK 63 AMG Black Series namun mendapatkan sentuhan khusus lagi. AMG membuat CLK DTM AMG untuk memperingati kesuksesannya di balap touring saat itu. Mereka hanya membuatnya dalam jumlah terbatas, terhitung ada 100 unit untuk model coupe dan 80 unit untuk cabriolet.

 

 

7. Mercedes-Benz R63 AMG

Sebuah minivan 4+2 seater dari Mercedes-Benz yang sedikit mendapatkan 'keisengan' dari AMG dengan membenamkan mesin sebesar 6.200 cc V8 yang mampu menghasilkan tenaga sampai 503 dk dengan torsi 630 Nm! Namun ternyata MPV ini tidak terlalu laku dan hanya terjual tidak sampai 100 unit.

 

 

8. Mercedes-Benz G63 AMG 6x6

G-Class dari AMG yang mendapatkan banyak perubahan pada kaki-kakinya sehingga mobil ini memiliki total 6 buah roda dan ground clearance yang sangat tinggi sehingga dianggap akan mampu melahap berbagai medan off-road. Untuk mesinnya sendiri diambil dari G63 berkapasitas 5.500 cc V8 twinturbo.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com