6 Tips Mudik Nyaman dan Aman Ala Chevrolet

6 Tips Mudik Nyaman dan Aman Ala Chevrolet

Tradisi mudik Lebaran yang akan tiba tak lama lagi tentunya tak sedikit yang memilih mobil pribadi untuk menuju kampung halaman. Dengan demikian, kesiapan mobil itu sendiri mutlak dalam keadaan fit. 

Persiapan mengemudi pun wajib jadi perhatian utama agar selama perjalanan mudik yang biasanya mencapai di atas 100 km berlangsung aman dan nyaman. Nah, berikut ini adalah deretan tips mudik yang dirilis Chevrolet Indonesia (9/6), sangat menarik untuk disimak dan diikuti sebagai panduan pulang kampung pakai mobil tersayang.

 

danu

 

Rencanakan rute 

Panduan peta berupa GPS sangat tentunya sangat membantu dalam menempuh perjalananan. Namun, membaca arahan GPS berulang kali dapat menimbulkan potensi bahaya, sehingga rencanakanlah rute perjalanan Anda sebelum menempuh perjalanan. Gunakanlah panduan suara dari GPS untuk memudahkan navigasi, tanpa harus memantau terus layar perangkat GPS.

 

• Jadwalkan perjalanan 

Hindari mengemudi pada malam hingga dini hari serta ketika tubuh merasa mengantuk atau lelah. Minimal beristirahatlah sebentar (10-15 menit) setelah 3 jam berkendara. Apabila berpuasa, sebaiknya waktu keberangkatan disesuaikan dengan jam berbuka puasa, atau setelah sahur.

 

• Jaga jarak aman kendaraan 

Selalu waspada dalam menjaga jarak dengan kendaraan di depan Anda. Selain itu, tetap berada dalam jalur, juga disarankan untuk mengurangi potensi benturan. Berdasarkan teori defensive driving jarak aman antar kendaraan adalah 3 detik dalam kondisi normal atau 4 detik dalam keadaan hujan atau berkabut. 

 

• Kencangkan sabuk pengaman untuk semua penumpang

Memakai sabuk pengaman untuk penumpang depan sudah jadi kebiasaan kita semua. Akan tetapi tidak begitu dengan penumpang belakang. Alhasil saat kecelakaan penumpang lebih berisiko fatal. Pastikan seluruh anggota keluaga di mobil menggunakan sabuk pengaman.

 

• Pastikan beban sesuai kapasitas mobil

Muatan berlebih (overload), akan sangat berpengaruh terhadap kestabilan mobil, maneuverability, dan yang paling berbahaya adalah bertambahnya jarak pengereman yang dibutuhkan. Bawalah orang dan barang pada tempat yang memang disediakan untuk itu. Bila sudah memaksakan barang menyesaki kabin, itu artinya ada kemungkinan beban berlebih.

 

• Periksa kembali kondisi mobil Anda

Guna memastikan mobil dalam kondisi baik, bawalah ke bengkel resmi terdekat untuk check-up mobil secara keseluruhan sebelum mudik. Mulai dari oli (oli mesin beserta oil filter, transmisi, gardan, minyak rem, minyak power steering), sistem pendingin mesin, kondisi ban, dan kondisi lampu-lampu. 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com