6 Tips Melintasi Jalanan Yang Bersinggungan Dengan Proyek

6 Tips Melintasi Jalanan Yang Bersinggungan Dengan Proyek

Banyaknya pembangunan insfrastruktur di Jakarta maupun luar Jakarta berdampak terhadap kemacetan yang semakin parah. Selain macet, ternyata ada beberapa hal yang bisa merugikan mobil yang melintasi ruas jalan yang bersinggungan dengan area proyek pembangunan.

Bahkan pada musim mudik Lebaran 2017 ini ada ruas tol yang belum selesai tahap pengerjaannya dan sudah boleh dilintasi, tentunya tak seperti melaju di jalanan normal. Penyesuaian mengemudi sebaiknya dilakukan.

Berikut adalah beberapa tips dari laman resmi Daihatsu Indonesia yang hendaknya Anda ketahui ketika melintasi ruas jalan yang bersinggungan dengan sebuah proyek konstruksi. 

 

 

1. Jaga Jarak ke Depan
Melintas di jalanan yang dekat dengan proyek bangunan sebaiknya selalu jaga jarak dengan kendaraan di depan. Terutama ketika di belakang kendaraan besar seperti truk. Bisa saja truk itu merupakan kendaraan proyek. Setiap saat ia bisa bermanuver patah yang kadang membutuhkan ruang di belakangnya. 

 

2. Patuhi Rambu Tambahan  
Karena bersinggungan dengan proyek, biasanya lalulintas daerah tersebut jadi berubah. Maka tak jarang petugas memasang rambu tambahan yang wajib dipatuhi. Rambu tersebut mutlak dipatuhi, biasanya pemberitahuan mengenai penyempitan jalan, permukaan tak rata, dan lainnya.

 

 

3. Hindari Posisi di Bawah Crane
Crane atau katrol pengangkut material bangunan walau terletak di situs proyek namun kadang lengannya yang panjang mampu membawahi ruas jalan. Sesekali perhatikan ke atas, apakah lengan crane terlihat aman atau tidak. Namun sebaiknya hindari di bawah crane, terutama saat macet. Meski sangat jarang terjadi, bisa saja barang yang diangkat crane terlepas. Lebih baik berhenti agak jauh namun lebih aman.

 

4. Waspada Benda Tajam 
Karena dekat dengan kegiatan pembangunan maka bukan tak mungkin ada beberapa benda kecil namun berbahaya yang sampai tercecer ke ruas jalan. Seperti paku, baut, potongan besi sampai tumpahan semen bisa saja tercecer ke jalanan. Jika tidak macet anda bisa menambah kecepatan agar meminimalkan risiko tusukan material tajam. Jika macet maka perhatikan selalu benda asing yang berada di jalan di depan Anda.

 

 

5. Nyalakan AC
Karena banyak partikel dan debu dari area proyek yang cukup berbahaya, seperti pasir, las-lasan, cat, dan lainnya maka menutup rapat jendela dan menyetel AC wajib dilakukan jika ingin penafasan tak terganggu. Pastikan juga ventilasi sirkulasi udara luar menutup.

 

6. Cari Jalan Alternatif
Salah satu langkah agar tak menemui kondisi macet dan berbahaya pada jalanan yang bersinggungan dengan proyek, rencanakan perjalanan dengan baik. Sebisa mungkin hindari area proyek. Pilih rute alternatif. Mungkin lebih jauh, namun bisa terhindar dari macet dan risiko lebih tinggi,

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com