6 Hal Yang Harus Dibawa Selama Perjalanan Mudik

6 Hal Yang Harus Dibawa Selama Perjalanan Mudik

 

Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat, tinggal dua hari lagi lho! Nah, untuk Anda yang baru akan berangkat mudik dengan mobil pribadi, siapkan segala sesuatunya jangan sampai ada yang tertinggal. Yang pasti, ada 6 hal yang harus Anda bawa selama perjalanan mudik dengan mobil. 

Berikut ini adalah 6 hal yang wajib dibawa saat perjalanan jauh :

1. Uang tunai dan non tunai

 

Saat ini, uang tunai dan non tunai sama pentingnya. Kedua jenis alat pembayaran yang sah ini wajib Anda bawa selama perjalanan mudik. Uang tunai dibutuhkan untuk antisipasi transaksi yang masih menggunakan cara tradisional. Dan ingat, saat musim liburan seperti sekarang ini banyak orang yang membutuhkan uang cash sehingga ATM pun kerap kehabisan uang.

Uang elektronik juga perlu disiapkan untuk mempermudah dan mempercepat transaksi. Misalnya untuk melakukan transaksi di gerbang tol, atau membayar parkir. Selain itu uang elektronik juga bisa digunakan untuk transaksi di gerai minimarket hingga restoran modern.

2. Dokumen penting

 

Berikutnya adalah kelengkapan dokumen penting seperti KTP, SIM dan juga STNK. Walaupun Anda sudah biasa membawanya sehari-hari dalam satu dompet, tapi perlu dicek juga misalnya masa berlaku dari masing-masing dokumen penting tersebut.

3. Power bank dan charger mobil

 

Saat ini gadget seperti tablet atau android sudah menjadi barang yang seolah tak terpisahkan salam kehidupan sehari-hari. Otomatis gadget menjadi barang wajib untuk dibawa dan tentu saja perangkat pengisi daya seperti power bank dan charger mobil.

Sebisa mungkin, power bank yang dibawa juga berkapasitas besar, minimal 10.000 mAh agar tidak perlu sering-sering kehabisan daya. Untuk charger mobil, pastikan perangkat yang digunakan yang memiliki kualitas baik agar tidak cepat rusak ketika digunakan dan juga tidak merusak gadget Anda.

4. Penunjang kenyamanan

 

Dalam perjalanan jauh sudah pasti Anda akan berlama-lama di mobil, entah karena kemacetan atau jarak tempuh yang jauh. Pastikan juga Anda membawa barang-barang penunjang kenyamanan, misalnya saja bantal leher agar posisi tidur tetap nyaman.

5. Perlengkapan P3K

 

Istirahat yang cukup, pola makan yang teratur, serta mengkonsumsi vitamin dapat membantu meningkatkan stamina. Bawalah obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis yang diletakkan dalam satu kotak P3K yang praktis untuk seluruh kebutuhan kesehatan, apalagi jika Anda memilik penyakit tertentu yang mengahruskan Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga.

6. Komponen cadangan dan perkakas mobil

 

Dalam kondisi darurat misalnya ban bocor, setidaknya Anda sudah melengkapi mobil Anda dengan komponen cadangan atau perkakas mobil. Selain kunci-kunci standar yang sudah ada di mobil, ada baiknya Anda melengkapi dengan tambahan seperti pompa portable, lalu juga senter ketika kondisi darurat terjadi saat malam hari.

Beberapa komponen cadangan juga perlu Anda siapkan, seperti sekring atau bohlam dari semua lampu yang ada di mobil. O ya, pastikan juga piranti seperti kunci roda atau kabel jumper aki ada di mobil ya!

 

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com