5 Tips Membawa Hewan Peliharaan Dengan Mobil

5 Tips Membawa Hewan Peliharaan Dengan Mobil

Banyak orang yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing di rumahnya. Mengajak peliharaan untuk bepergian dengan jarak yang jauh ataupun dekat dengan menggunakan mobil pun adalah hal yang seru dan menyenangkan.

Memang tidak ada larangan untuk membawa hewan peliharaan berjalan-jalan dengan mobil. Namun perlu diingat ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum maupun saat perjalanan dengan hewan peliharaan Anda.

Inilah beberapa tips yang diberikan oleh Chevrolet Indonesia agar perjalanan bersama hewan peliharaan tidak terganggu sehingga keselamatan berkendara tetap terjaga.

 

 

1. Vaksin

Sebelum memulai perjalanan, pastikan anjing atau kucing yang diajak sudah mendapatkan vaksinaksi dasar atau vaksinaksi tambahan demi melindungi mereka dari paparan penyakit selama perjalanan. Ada baiknya melakukan riset kecil soal nomor telepon atau lokasi dokter hewan 24 jam sepanjang rute perjalanan.

Pasalnya, jika hewan peliharaan sakit, kenyamanan orang-orang selama perjalanan terganggu. Selain itu, bukan tak mungkin, kesehatan manusia di dalam kabin kendaraan terdampak pula.

 

2. Ruang Khusus 

Berikan ruang khusus bagi anjing atau kucing untuk kenyamanan mereka plus kenyamanan orang-orang di kabin. Jika memungkinkan, posisikan hewan-hewan di baris ketiga dan gunakan pet carrier atau cargo barrier. Pertimbangkan membeli cargo tray demi melindungi lantai bagasi.

Tetapi, kalau area tersebut terpakai seluruhnya untuk koper, taruh anjing atau kucing di dalam pet carrier di kursi belakang. Jangan posisikan di kursi depan karena dapat menambah risiko cedera dalam skenario pengereman mendadak atau kecelakaan.

Jika hewan yang dibawa adalah anjing, bisa saja mereka tak ditaruh di kandang. Namun, siapkan tali pengikat agar mereka tidak berkeliaran dalam kabin sepanjang perjalanan.

 

3. Berbagai Perlengkapan ‘Pribadi’

Jangan lupakan beragam perlengkapan pribadi bagi hewan peliharaan, khususnya makanan dan minuman khusus. Bawa pula kotak kotoran portabel, kotak makan dan minum yang mudah dilipat, sampai obat-obatan mereka--jika ada. Siapkan juga kalung identitas bagi mereka berisi nama dan kontak Anda.

Untuk menghindari dehidrasi, terutama ketika perjalanan di musim panas, siapkan semangkuk es yang dapat dijilat oleh kucing untuk menjaganya agar tidak kepanasan. Hal ini dapat menjadi opsi yang lebih rapi selama perjalanan.

Bawakan pula barang kesayangan hewan atau mainan seperti chew toy (bagi anjing) yang dapat berguna jika sang hewan resah dalam perjalanan. Apalagi, seekor anjing biasanya dapat menjadi lebih tenang jika diberi kesibukan.

Sementara, kucing perlu dibiarkan untuk melakukan cheek rub pada mobil serta menebarkan aromanya agar lebih familiar dengan lingkungan. Anda bisa juga menaruh tempat tidur, selimut, atau handuk milik kucing Anda di dalam mobil agar dia merasa ‘kerasan’.

 

4. Jangan Ditinggal di Kabin

Jangan meninggalkan anjing maupun kucing sendiri di dalam kabin. Di hari yang cerah, suhu kendaraan yang diparkir dapat meningkat dalam waktu singkat sehingga berpotensi mengakibatkan sengatan panas yang berlebihan, bahkan dengan jendela yang terbuka.

Jika terpaksa meninggalkan mereka karena tempat tujuan tak membolehkan, Anda wajib menyalakan mesin serta AC. Itu pun jangan terlalu lama ditinggalkan.

 

5. Bawa Berjalan-jalan

Sesampainya di tujuan, bawa anjing berjalan-jalan dengan tali. Ini diperlukan agar ia bisa rileks dan nyaman. Anjing terlatih sekalipun bisa merasa tak nyaman di lokasi yang asing baginya

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com